Ini penyebab hujan laba-laba di Australia

Ini penyebab hujan laba-laba di Australia

Techno.id - Hujan laba-laba dikabarkan telah terjadi Kota Goulburn, fenomena alam yang tidak biasa ini sebenarnya bukanlah hal yang aneh untuk hewan berkaki delapan ini. Pasalnya, laba-laba telah lama melakukan hal ini dengan tujuan bermigrasi.

Dilansir dari IFL Science (17/05/15), hal ini adalah cara laba-laba untuk bermigrasi dengan memanfaatkan angin. Sekumpulan laba-laba akan melepaskan jaringnya sebagai parasut yang memungkinkan mereka melakukan migrasi periodik alami mereka.

Ini penyebab hujan laba-laba di Australia

Cara ini disebut dengan Ballooning (balon), Balloning laba-laba tersebut dapat terbang mencapai ketinggian 16000 Km dari permukaan tanah. Selain itu, jaring laba-laba tersebut dapat bersatu serta membentuk lapisan tebal dalam perjalanannya.

"Mereka dapat melakukan perjalanan hingga berkilometer, ini sebabnya setiap benua memiliki spesies tersebut. Bahkan di Antartika, walaupun spesies mereka tidak bertahan lama di sana," Ujar Martyn Robinson selaku Naturalist di Museum Australia.

Sementara itu, Kota Goulburn di Australia bukanlah satu-satunya yang pernah mengalami hal ini. Sebelumnya pada tahun 2013 yang lalu, salah satu kota di Brazil juga pernah mengalami hal yang serupa.

(brl/red)