Ilmuwan ungkap Tyrannosaurus adalah dinosaurus kanibal

Ilmuwan ungkap Tyrannosaurus adalah dinosaurus kanibal

Techno.id - Hewan prasejarah Tyrannosaurus (T-Rex) ternyata tak hanya dikenal sebagai predator ganas bagi para dinosaurus lainnya, melainkan bagi sesama jenis predator itu sendiri atau yang lebih dikenal dengan sebutan kanibal. Demikian hasil penelitian terbaru dari Geological Society of America.

Ilmuwan ungkap Tyrannosaurus adalah dinosaurus kanibal

Sebagaimana dikutip dari Softpedia (30/10), ide baru ini bermula ketika para ilmuwan tengah mempelajari fosil gigi sang raja dinosaurus tersebut. Kala itu, para ilmuwan mengaku telah melihat sebuah pola (goresan) yang aneh pada gigi-gigi yang ditemukan di wilayah Wyoming, Amerika Serikat tersebut.

Setelah diteliti, para ilmuwan kemudian meyakini bahwa goresan tersebut, adalah sebuah goresan yang dihasilkan oleh gigitan kepada hewan sesama jenis (predator) lainnya. Adapun hewan yang dimaksud oleh para ilmuwan tersebut adalah Nanotyrannus lancensis (predator yang berbentuk mirip seperti T-Rex).

Ilmuwan ungkap Tyrannosaurus adalah dinosaurus kanibal

"Alur goresan (gigi) tersebut cukup jelas berasal dari tulang predator lainnya. Sama seperti manusia ketika memakan sepotong ayam goreng," tulis para ilmuwan dalam laporannya.

"Cukup jelas bahwa ini (gigi) adalah milik Tyrannosaurus. Tidak ada dinosaurus lain yang memiliki gigi sebesar itu," ujar salah seorang ilmuwan sekaligus ahli paleontologi asal Loma Linda University di California, Amerika Serikat, Matthew McLain.

Yang membuat penelitian ini cukup menarik, Nanotyrannus lancensis adalah spesies dinosaurus yang diyakini telah hidup sebelum masa T-Rex. Artinya, kepunahan spesies Nanotyrannus boleh jadi bukanlah karena bencana alam, melainkan karena spesies Tyrannosaurus.

(brl/red)