Ilmuwan Amerika kolaborasi kembangkan mikroskop beresolusi tinggi

Ilmuwan Amerika kolaborasi kembangkan mikroskop beresolusi tinggi

Techno.id - Ilmuwan asal Howard Hughes Medical Institute, Amerika baru saja mengembangkan sebuah mikroskop baru beresolusi tinggi yang diklaim dapat mengamati objek terkecil dari organisme, seperti embrio ikan zebra atau lalat buah. Mikroskop yang disebut IsoView itu diklaim dapat memberikan pandangan yang lebih komprehensif serta beresolusi tinggi dari proses biologi makhluk hidup.

Seperti dikutip dari ScienceDaily (26/10/15), mikroskop ini diklaim dapat meningkatkan resolusi spasial karena menggunakan empat lensa objektif sekaligus yang ditempatkan di sebelah kanan objek. Menurut Phillip Keller, ketua tim perancang mikroskop ini, penempatan keempat lensa objektif di masing-masing sisi itulah yang menyebabkan objek lebih terang dan menimbulkan efek 3 dimensi sehingga objek sekecil apa pun dapat diamati dengan lebih detail.

Selain melibatkan empat lensa objektif, mikroskop ini juga menggunakan software untuk mengolah citra yang dihasilkan dari pengamatan menjadi gambar beresolusi tinggi. Berkat software khusus besutan ilmuwan komputer Fernando Amat, citra organisme yang diamati melalui IsoView dapat diolah menjadi gambar dengan kecepatan 3,2gygabite per detik atau 60 kali lebih cepat dari sistem pengolahan gambar yang pernah ada.

Keller dan rekan peneliti lainnya mengungkapkan bahwa mikroskop IsoView telah digunakan untuk mengamati sistem saraf serta perkembangan embrio dari larva lalat buah serta mengamati aktivitas fungsional pada otak larva ikan zebra. Ke depannya, tim peneliti berharap bisa menggunakan IsoView untuk mengamati proses biologis makhluk hidup lainnya serta menggunakannya untuk eksperimen biologi yang lebih kompleks.

(brl/red)