Bulan madu di atas rumah apung pintar, siapa takut?

Bulan madu di atas rumah apung pintar, siapa takut?

Techno.id - Merencanakan bulan madu dengan tinggal di rumah apung? Romantis memang. Tapi suasana romantis tersebut bisa mendadak hilang saat Anda kehabisan air atau cadangan listrik mendadak habis. Kecuali jika Anda tinggal di rumah pintar yang satu ini.

Sebuah rumah pintar yang merupakan hasil kerjasama antara Fraunhofer Institute for Transportation and Infrastructure Systems, Fraunhofer Institute for Ceramic Technologies and systems dan beberapa pengembang lain telah dibuat di tepi danau Geierswalde, Jerman.

Bulan madu di atas rumah apung pintar, siapa takut?

Seperti yang telah diberitakan oleh Gizmag pada hari Minggu (06/12/15) lalu, rumah pintar ini bisa menghasilkan listrik dan air secara independen. Rumah ini dibuat berdasarkan konsep arsitektur modern yang juga mengadaptasi efisiensi energi.

Rumah apung 2 lantai seluas 13 x 13 m tersebut dibangun di atas ponton baja. Selain didesain agar tak bisa tenggelam, rumah ini juga dibekali dengan cerobong asap dan banyak solar cell untuk menyerap energi matahari.

Energi yang terserap tersebut sangat cukup ketika digunakan untuk menyaring air agar bisa diminum, membersihkan udara, pemanas atau pendingin udara, dan masih banyak lagi. Rumah apung dengan teknologi canggih ini masih akan terus dikembangkan dan akan mulai banyak dibuat pada tahun 2017 nanti.

(brl/red)