CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 8 Maret 2016 21:00

BKB akan teliti perubahan rona Borobudur saat terjadi gerhana matahari

Kendati dilakukan penelitian, Candi Borobudur masih tetap dibuka untuk umum.

BKB akan teliti perubahan rona Borobudur saat terjadi gerhana matahari

Techno.id - Saat gerhana matahari total terjadi besok Rabu (9/3/16), Balai Konservasi Borobudur (BKB) dilaporkan bakal meneliti dampak yang disebabkan oleh fenomena langka tersebut terhadap perubahan rona batuan di Candi Borobudur. Marsis Sutopo, Kepala BKB mengungkapkan jika penelitian ini perlu dilakukan agar bisa diketahui secara pasti apakah fenomena gerhana matahari memang bisa memengaruhi perubahan rona batuan di candi yang terletak di kabupaten Magelang, Jawa Tengah tersebut.

"Ini sebenarnya perlu kita kaji. Mungkin bukan pengaruh dalam bentuk fisik tetapi mungkin tentang perubahan rona batuannya," ujar Marsis seperti dilansir oleh Antara (7/3/16).

Lebih lanjut Marsis mengatakan jika penelitian yang dilakukan besok ini akan memanfaatkan teknologi fotografi untuk mengurai warna batuannya. Akan ada lima sampai enam orang yang khusus ditugaskan untuk mendokumentasikan batuan Candi Borobudur terutama di sisi timur yang terkena langsung sinar matahari pagi saat terjadi gerhana matahari.

Meski akan dilakukan penelitian, Marsis mengungkapkan jika Candi Borobudur masih tetap akan dibuka untuk umum bahkan saat terjadi gerhana matahari. Hal ini dikarenakan pihaknya memang tak menerapkan promo khusus sebab gerhana matahari hanya akan terlihat sebagian di wilayah Jawa Tengah.

 

WHAT TO READ NEXT ?