CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 5 Maret 2016 22:00

Apakah berenang dapat mengurangi stres?

Orang yang suka berenang dapat melepaskan stres dan ketegangan.

Apakah berenang dapat mengurangi stres?

Techno.id - Suka main air di kolam renang? Daripada hanya main air, lebih baik Anda menjeburkan diri sekalian berenang. Hal ini selain membuat tubuh Anda menjadi sehat, ternyata berenang juga dapat mengurangi stres. Saat Anda berenang, sel-sel otak akan tumbuh dan mendorong neurogenesis hippocampal untuk melawan stres.

Di samping itu, seorang peneliti dari Australia juga mengatakan bahwa berenang juga dapat meningkatkan aliran darah. Nah, aliran darah yang lancar akan memberikan banyak nutrisi pada otak. Jika otak sehat, maka gangguan mental seperti stres tidak akan terjadi, seperti yang dilaporkan oleh Lifehacker (4/3/2016).

Jika boleh dibandingkan, berenang itu mirip dengan olahraga yoga. Keduanya melibatkan peregangan otot dan mengembangkan pola pernapasan untuk mengurangi stres dan menurunkan tingkat emosinal. Apabila Anda sering berenang, maka Anda sama seperti sedang melakukan meditasi pada olahraga yoga.

Tak hanya itu, spesialis riset Ipsos MORI telah melakukan penelitian yang menunjukkan manfaat psikologis dari berenang. Menurut mereka, 74 persen orang yang senang berenang mengaku dapat melepaskan stres dan ketegangan.

WHAT TO READ NEXT ?