2 Black Hole akan bertabrakan, apa akibatnya pada bumi dan semesta?

2 Black Hole akan bertabrakan, apa akibatnya pada bumi dan semesta?

Techno.id - Apa yang ada dalam benak Anda ketika mendengar istilah black hole? Ya, sebuah lubang hitam yang sangat besar di alam semesta kita. Dan kabarnya, black hole ini akan bertabrakan dalam waktu dekat!

Awal tahun 2015 terdengar kabar bahwa 2 black hole akan bertabrakan. Seperti yang telah diberitakan oleh CNET pada hari Jumat (18/09/15) lalu, tabrakan ini bakal mengakibatkan ledakan yang cukup dahsyat, dan mengirimkan serpihan material ke seluruh angkasa.

Black hole dari konstelasi Virgo ini memang diperkirakan bakal menabrak black hole lainnya. Memang bumi berjarak jutaan tahun cahaya dengan kedua black hole ini, meski demikian, pecahan hasil ledakan ketika 2 black hole ini bertabrakan juga patut diperhitungkan.

2 Black Hole akan bertabrakan, apa akibatnya pada bumi dan semesta?

Berita yang cukup mengejutkan adalah, benturan yang bakal terjadi antara 2 black hole ini lebih cepat dari perkiraan semula. Para ilmuwan sedang meneliti lebih lanjut, seberapa hebat ledakan yang dihasilkan, dan seberapa banyak imbasnya pada bumi dan planet lain di sekitarnya.

Para ahli astronomi di Kolombia telah berhasil mengkalkulasi ledakan tersebut. Meski baru berupa prediksi, namun hasilnya cukup mengejutkan dan membuat khawatir. Jika kedua black hole ini bertabrakan, maka ledakan yang terjadi akan sangat dahsyat.

Para ahli astronomi tersebut mengatakan bahwa ledakan yang dihasilkan setara dengan 100 juta triliun bom TNT. Meski angka tersebut belum aktual, namun bisa dibayangkan gelombang ledakan gravitasi yang bakal terjadi di alam semesta.

Ledakan gravitasi tersebut mengingatkan kita akan terbentuknya alam semesta dengan teori Big Bang-nya. Nah, apakah ini akan menjadi Big Bang ke-2? Belum ada yang tahu pasti...

(brl/red)