7 Kelebihan dan kelemahan iPhone SE 2022, sudah dukung jaringan 5G

image

Techno.id - Kabar gembira menghampiri para pecinta produk Apple di Tanah Air. Produsen teknologi masa kini terbesar asal Amerika Serikat tersebut akan membawa iPhone SE edisi 2022 ke Indonesia. Melansir dari laman resmi iBox, dapat dipastikan smartphone varian terjangkau dari Apple hadir pada 17 Juni 2022 pukul 00:01.

iPHone SE generasi 3 ini telah rilis pada bulan Maret lalu di USA. Smartphone ini digadang-gadang akan menyaingi teknologi Android yang cukup mendominasi. Terlebih seri terbaru dari iPhone SE ini membawa berbagai peningkatan komponen.

iPhone SE gen 3 dibanderol dengan harga Rp 8 juta di Indonesia. Para konsumen dapat membelinya via online maupun offline melalui toko resminya. Lalu apakah ponsel pintar buatan Apple tersebut dapat dipertimbangan untuk dimiliki? Kali ini techno.id pada Senin (13/6) akan memberikan 7 kelebihan dan kelemahan iPhone SE 2022 yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mendukung jaringan 5G.

Kelebihan iPhone SE  berbagai sumber

foto: ibox.co.id

iPhone SE keluaran terbaru sudah dibekali dengan chipset A15 Bionic. SoC tersebut tergolong teknologi baru yang telah dikembangkan oleh Apple. Bahkan chip ini juga dipakai pada iPhone 13, produk flagship dari Apple saat ini.

Chipset tersebut akan disandingkan dengan CPU 6-core yang mencapai clock speed hingga 3.22 GHz. Dengan komponen chip tersebut, pengguna akan mendapatkan kecepatan perangkat tanpa lagging. Terlebih iPhone SE 2022 sudah mendukung jaringan 5G.

2. Baterai awet dan fast charging.

Kelebihan iPhone SE  berbagai sumber

foto: ibox.co.id

Apple mengklaim perangkat iPhone SE dapat digunakan memutar video 15 jam dalam sehari. Artinya baterai yang digunakan cukup awet. Ponsel tersebut dibekali dengan baterai berdaya 2018 mAh. Ponsel tersebut juga mendukung untuk pengecasan cepat hingga 30 Watt. Pengguna dapat mencapai daya 50% hanya dalam waktu 30 menit saja.

3. Body tahan banting.

Kelebihan iPhone SE  berbagai sumber

foto: apple.com

Desain dari iPhone SE masih mempertahankan bentuk seri sebelumnya. Mempunyai gaya klasik dengan tombol home yang dipertahankan. Namun ponsel tersebut telah mengantongi sertifikat IP67, sehingga perangkat dapat tahan terhadap debu dan percikan air. Material yang digunakan untuk membuat body adalah aluminium dan kaca kuat anti gores.

4. Upgrade pada software kamera.

Kelebihan iPhone SE  berbagai sumber

foto: apple.com

Mendapatkan hasil foto yang baik tentu dilatarbelakangi oleh lensa mumpuni maupun software yang canggih. Pada iPhone SE Apple memilih untuk memperkuat software yang dipakai. Vendor masih mempertahankan lensa kamera jadul yaitu 12 MP f/1.8 dengan sensor PDAF dan OIS. Sedangkan untuk kamera selfie hanya menggunakan 7 MP f/2.2.

Ponsel tersebut dibekali dengan teknologi Smart HDR 4, Photographic Styles, Deep Fusion, dan Portrait mode. Dengan berbagai sensor tersebut pengguna dapat menghasilkan foto sesuai dengan keinginan walaupun dengan lensa medioker. Hal tersebut bisa didapatkan karena chip yang digunakan berkemampuan neural engine SoC A15 Bionic, setara dengan teknologi ponsel premium Apple.

5. Desain praktis.

Kelebihan iPhone SE  berbagai sumber

foto: ibox.co.id

iPhone SE edisi 2022 masih mempertahankan desain jadul dengan tombol home pada bagian bawah layar. Perangkat ini mempunyai dimensi body 138.4 x 67.3 x 7.3 mm dengan berat tak lebih dari 144 gram. Dengan ukuran tersebut, dapat dikatakan ponsel memiliki kepraktisan.

6. Panel layar berkualitas.

Kelebihan iPhone SE  berbagai sumber

foto: ibox.co.id

Apple memberikan panel layar tipe IPS LCD berukuran 4,7 inci pada iPhone SE terbaru. Layar tersebut mampu menghasilkan resolusi grafis hingga 750 x 1334 pixels. Walaupun hanya mencapai kualitas HD, namun karena bentuknya yang kecil membuat kerapatan pixel tetap tinggi yaitu 326 ppi density.

Pada bagian layar juga telah dibekali dengan proteksi seperti oleophobic coating agar tidak berminyak saat digunakan. Terdapat teknologi True Tone agar layar dapat menyesuaikan tingkat kecerahan dengan kondisi sekitar. Bahkan screen tetap menampilkan grafis yang jelas walau dibawah terik matahari.

7. Sistem operasi terbaru.

Kelebihan iPhone SE  berbagai sumber

foto: ibox.co.id

iPhone sudah dibekali dengan sistem operasi terbaru dari Apple yaitu iOS 15. Dengan OS tersebut pengguna dapat meningkatan penggunaan kinerja perangkat. Terdapat fitur FaceTime yang lebih menarik untuk digunakan. Kemudian yang terpenting dari sistem baru adalah fitur keamanan. Ponsel ini dibekali dengan pengamanan FaceID maupun TouchID yang terletak bersamaan dengan tombol home.

Itulah beberapa kelebihan yang diandalkan oleh Apple pada iPhone SE edisi 2022. Namun tidak lengkap rasanya apabila kekurangan dari ponsel tersebut tidak disampaikan. Akan tetapi perlu digaris bawahi, bahwa kekurangan disini masih dapat ditoleransi oleh banyak pengguna.

1. Desain jadul.

Apple masih menggunakan desain iPhone klasik. Bagi sebagian orang mungkin hal ini tak begitu dipermasalahkan, namun dengan bentuk tersebut dapat dikatakan iPHone SE sudah ketinggalan zaman. Terlebih cost untuk mendapatkan ponsel ini cukup tinggi.

2. Tidak adanya lensa telephoto.

iPHone SE 2022 memang memiliki software kamera tingkat flagship. Namun hanya menggunakan satu kamera utama terasa kurang untuk beberapa pengguna. Apple dapat dikatakan melakukan langkah mundur dengan hanya memasang satu kamera saja. Berbeda dengan ponsel Android yang saat ini banyak dibekali dengan lensa telefoto maupun lensa kedalaman.

Secara keseluruhan iPhone SE memiliki perangkat dengan performa tinggi. Bahkan Apple berani memberikan chip kelas flagship. Artinya pengguna tidak akan merasakan lagging saat menggunakan ponsel ini. Bahkan ponsel pintar terjangkau dari Apple tersebut dibekali dukungan jaringan 5G. Namun dibalik kecepatan tinggi ponsel ini memiliki kekurangan terutama pada bidang desain, baterai kapasitas kecil, dan lensa kamera yang kurang lengkap.

Selain itu yang perlu disayangkan Apple tidak memberikan adapter untuk pengecasan. Konsumen diwajibkan untuk membeli charger secara terpisah.


(brl/guf)