Smartphone Oppo A17 resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

Smartphone Oppo A17 resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

Techno.id - Oppo merupakan salah satu perusahaan asal Dongguan, China yang kerap kali menghadirkan berbagai produk unggulan dengan kualitas mumpuni. Berbagai produk yang dirilis Oppo khususnya di sektor smartphone selalu membawa berbagai pembaruan baik dari segi desain, fitur, hingga komponen yang digunakan. Tidak hanya itu performa setiap perangkat bikinan Oppo juga selalu memiliki kemampuan unggul untuk melibas banyak keperluan.

Kini Oppo kembali merilis produk anyar khususnya smartphone A series. Digadang sebagai penerus A16, A16e dan A16K yang sudah membumi di pasaran, Oppo A17 hadir untuk memberikan penyegaran hampir di berbagai lini. Mulai dari jeroan, tampilan, serta fitur menarik telah disematkan Oppo pada produk anyar mereka.

Sebagai sebuah produk anyar, tentu Oppo tidak hanya membekali A17 dengan komponen yang telah disebutkan sebelumnya. Sektor kamera dari Oppo A17 juga menarik untuk dibahas. Pasalnya Oppo memberikan fitur OIS pada kamera depan dan belakang yang membuat stabilisasi ketika merekam video menjadi meningkat. Tidak hanya itu, komponen pendukung lain juga tidak absen dari garapan Opp agar pengguna A17 bisa merasa nyaman.

Berkenaan dengan produk anyar tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (29/9) spesifikasi lengkap dan harga dari Oppo A17.

Spesifikasi Oppo A17

Smartphone Oppo A17 resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: oppo.com

Oppo A17 memiliki desain kekinian dengan dua varian warna Midnight Black dan Lake Blue. Desain dari Oppo A17 memiliki tampilan kekinian yang membuatnya patut untuk dilirik. Desain kekinian ini mengcover dimensi 164.2 x 75.6 x 8.3 mm dan bobot 189 g. Diatas kertas, dimensi dan bobot A17 tentu bisa digunakan dengan nyaman. Menggenggam smartphone satu ini dalam waktu lama tidak akan membuat pengguna cepat pegal.

Selesai membahas desain, sektor lain yang perlu dibahas tentu saja dapur pacu. Oppo membekali A17 dengan chipset besutan MediaTek. Penggunaan MediaTek Helio G35 (12 nm) membuat perangkat anyar satu ini mampu digunakan dengan lancar untuk melibas aplikasi berat. Balutan Android 12 dan ColorOS 12.1 juga disematkan Oppo untuk memaksimalkan kenyamanan penggunaan perangkat ini.

Smartphone Oppo A17 resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: oppo.com

Chipset Besutan MediaTek pada Oppo A17 juga ditemani RAM dan storage dengan kapasitas lumayan. Oppo memberikan satu opsi 4 GB / 64 GB untuk mendukung penggunaan Helio G35 (12 nm). membuka banyak aplikasi secara bersamaan tentu bukan menjadi masalah berkat dukungan RAM dan storage yang dibawakan. Baik RAM maupun storage yang dibawakan sejatinya memang tidak terlalu besar, namun kapasitas storage pada A17 masih bisa di ekspansi dengan microSDXC jika diperlukan..

Kelar membahas dapur pacu dan pendukungnya, sektor depan pada Oppo A17 juga menarik untuk dibahas. Oppo memberikan A17 dengan layar 6.56 inch HD+ (720 x 1612) IPS LCD, 100% DCI-P3. Di atas kertas, layar Oppo A17 memang bukan yang paling spesial. Namun penggunaan panel IPS memberikan akurasi warna yang cukup tinggi untuk membuka banyak konten. Hal ini didukung oleh penggunaan layar dengan color gamut 100% DCI-P3. Untuk keperluan editing foto dan video, color gamut tinggi ini tentu bisa nyaman digunakan untuk menunjang kepentingan tersebut.

Smartphone Oppo A17 resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: oppo.com

Sektor lain dari sebuah smartphone yang tidak kalah penting adalah kamera. Oppo A17 hadir dengan modul dual camera pada sisi belakang yang mengusung lensa 50 MP, f/1.8, (wide), PDAF dan 2 MP, f/2.4, (depth). Dua kamera belakang ini dilengkapi dengan fitur LED flash, HDR, panorama yang mampu merekam video hingga 1080p@30fps. Tidak kalah penting, sisi depan Oppo A17 juga hadir dengan single selfie camera 5 MP, f/2.2, (wide) yang dilengkapi fitur HDR.

Untuk memaksimalkan penggunaan A17, Oppo membekali smartphone satu ini dengan berbagai koneksi menarik baik wireless maupun wired. Sektor wireless dari Oppo A17 hadir dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot yang sudah bisa digunakan untuk mendapat koneksi internet dengan lancar. Tidak hanya itu, Oppo juga membekali A17 dengan koneksi Bluetooth. Sayangnya belum ada penjabaran detail mengenai versi Bluetooth yang digunakan pada Oppo A17.

Smartphone Oppo A17 resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: oppo.com

Masih di sektor wireless, Oppo A1 juga dibekali GPS, Radio, serta beberapa sensor antara lain Fingerprint (side-mounted), accelerometer, dan proximity. Sektor konektivitas wired dari Oppo A17 sendiri hadir dengan USB micro 2.0 yang berfungsi untuk mengisi daya, serta 3.5mm jack untuk menghubungkan aksesori seperti headset.

Layaknya sebuah smartphone kekinian, Oppo A17 dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar. Oppo menyematkan baterai 5000 mAh Lithium-Ion Polymer yang memiliki daya tahan tinggi. Untuk pengisian daya, Oppo belum memberikan keterangan lebih detail mengenai ada atau tidaknya fitur fast charging pada ponsel pintar satu ini.

Smartphone Oppo A17 resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: oppo.com

Oppo A17 diperkirakan akan dibanderol dengan harga 140 EUR atau setara Rp 2 jutaan. Mengingat spesifikasi yang dibawakan terbilang cukup mumpuni, harga yang dipatok tentu termasuk wajar. Terlebih dalam paket penjualan Oppo A17 setiap pembeli akan mendapat Unit smartphone, charger, kabel micro USB, SIM ejector, safety guide, quick guide, serta protective case yang sudah terpasang pada layar.


(brl/guf)