Samsung rilis laptop Galaxy Book 2 Pro 360 versi Snapdragon 8cx Gen 3, ini spesifikasinya

Samsung rilis laptop Galaxy Book 2 Pro 360 versi Snapdragon 8cx Gen 3, ini spesifikasinya

Techno.id - Samsung secara resmi merilis laptop Galaxy Book 2 Pro 360 dengan bekal chipset Snapdragon 8cx Gen 3. Sebagai informasi, Samsung sebelumnya merilis laptop dengan seri sama dengan bekal prosesor Intel i5 dan i7 Gen-12. Namun kali ini Samsung berkolaborasi dengan Qualcomm untuk memberikan laptop dengan chipset Snapdragon khusus PC Windows terbaru.

Snapdragon 8cx Gen 3 merupakan chipset yang dibuat khusus oleh Qualcomm untuk perangkat berbasis Windows, baik itu PC maupun laptop. Chipset ini memiliki fabrikasi 5 nm. Selain efisien, chip juga memberikan peningkatan kapasitas baik di hardware maupun software Galaxy Book 2 Pro 360 anyar ini.

Samsung mengklaim dengan chip tersebut, performa dari CPU dapat meningkat hingga 85%. Lantas bagaimana rincian speknya? Kali ini techno.id pada Selasa (3/1) akan memberikan spesifikasi Samsung Galaxy Book 2 Pro 360 versi Snapdragon 8cx Gen 3 yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Desain Body dan layar.

Samsung rilis laptop Galaxy Book 2 Pro 360 versi Snapdragon 8cx Gen 3, ini spesifikasinya

foto: news.samsung.com

Samsung Galaxy Book 2 Pro 360 versi Snapdragon 8cx Gen 3 masih menggunakan desain body yang sama dengan versi Intel i5 maupun i7. Desain dari laptop ini memiliki konsep tipis dan ringan. Terdapat layar dengan bentang 13,3 inchi tipe Super AMOLED, bobot 1,04 kg dan ketebalan 11,5 mm. Sesuai namanya, laptop ini mempunyai bentuk 2 in 1. Artinya perangkat mempunyai engsel yang dapat diputar hingga 360 derajat, sehingga dapat dijadikan model laptop maupun tablet.

Tak sampai di situ saja, Samsung juga memberikan fitur S-Pen. Stylus S-Pen dari Samsung diharapkan memberikan kemudahan dan peningkatan produktivitas pengguna saat memakai laptop ini. Stylus S-Pen dapat menunjang kegiatan seperti menggambar, menulis note, hingga memberikan coretan tanpa menggunakan keyboard.

Masih di sektor body, di bagian samping terdapat tiga slot colokan antara lain audio jack 3,5 mm, USB-C, dan slot microSD. Kemudian terdapat webcam resolusi 1080p dan dual 4W stereo speaker racikan dari Dolby Atmos. Samsung juga tak ketinggalan memberikan fitur keamanan pemindai sidik jari untuk laptop ini.

2. Dapur pacu.

Samsung rilis laptop Galaxy Book 2 Pro 360 versi Snapdragon 8cx Gen 3, ini spesifikasinya

foto: news.samsung.com

Seperti telah disinggung sebelumnya, Galaxy Book 2 Pro 360 seri paling anyar menggunakan chipset Snapdragon 8cx Gen 3. Chip tersebut dikombinasikan dengan kartu grafis dari Adreno DirectX 12 yang mampu memberikan peningkatan 60 lebih cepat dari Snapdragon 8cx edisi sebelumnya. Kemudian chip memiliki CPU multicore yang dapat meningkatkan NPU dan efisiensi daya hingga 29 TOPS.

Galaxy Book 2 Pro 360 baru ini memiliki dukungan jaringan 5G dan WiFi 6E. Samsung juga membekali laptop dengan Secured-Core PC dari Microsoft untuk perlindungan perangkat.

3. Baterai.

Galaxy Book 2 Pro 360 model Snapdragon 8cx Gen 3, memiliki baterai yang mampu menyuplai daya dalam kurun waktu 35 jam. Tentu kapasitas baterai ini terbilang meningkat, mengingat seri sebelumnya hanya mampu bertahan selama 21 jam saja.

Laptop ini akan tersedia di pasar Korea Selatan mulai 16 Januari mendatang dengan harga 1,89 juta Won atau setara Rp 23,3 jutaan. Belum diketahui secara pasti apakah laptop ini akan dipasarkan secara global ataukah tidak.


(brl/guf)