Samsung rilis Galaxy S23 awal Februari 2023, intip spesifikasinya

Samsung rilis Galaxy S23 awal Februari 2023, intip spesifikasinya

Techno.id - Samsung dipastikan akan merilis seri Galaxy S23 di kuartal pertama tahun 2023. Meskipun tanggal kemunculannya masih menjadi misteri, namun banyak media dari Korea Selatan seperti Chosun mengungkap kehadiran smartphone flagship Samsung akan hadir pada awal bulan Februari 2023.

Sebelumnya Samsung meluncurkan Galaxy S22 series pada 9 Februari. Kemudian mereka melakukan penjualan mulai 25 Februari. Selang beberapa minggu setelah perilisannya.

Melansir dari laman GSM Arena, Samsung biasanya menghadirkan produknya melalui event Galaxy Unpacked. Mereka juga membuka pre-order selama dua minggu setelah event tersebut, dan pada hari Jumat unit akan dikirimkan. Apabila melihat dari kalender tahun 2023, boleh jadi hasil pre-order dapat diserahkan pada 17 Februari 2023.

Melihat kondisi market gadget yang berubah, Samsung sering meluncurkan produk flagshipnya lebih awal. Sebelumnya Samsung sering merilis produk di bulan Maret, namun di tahun ini mereka lebih memilih untuk menghadirkan Galaxy S22 di bulan Februari. Hal ini tentu disebabkan Samsung ingin lebih bersaing secara ketat dengan para kompetitornya.

Kehadiran Samsung Galaxy S23 tentu sangat ditunggu oleh para pengguna gadget, terutama fanatik flagship Samsung. Lalu bagaimana dengan bocoran spesifikasinya? Kali ini techno.id mencoba merangkum bocoran spek Samsung Galaxy S23 dari berbagai sumber pada Rabu (9/11). Yuk mari simak rinciannya.

Samsung rilis Galaxy S23 awal Februari 2023, intip spesifikasinya

foto: Twitter/ @Universelce

Dikutip dari laman GizChina Rabu (9/11), bocoran dari Galaxy S23 muncul di Geekbench. Smartphone yang digadang-gadang menjadi penerus Galaxy S22 tersebut memiliki chipset bentukan Qualcomm terbaru. Tepatnya Galaxy S23 series akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 2. Sebagai informasi, Galaxy S23 dilaporkan akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 2. Lebih lanjut, opsi RAM yang ditawarkan oleh Samsung akan lebih bervariatif dari seri sebelumnya.

Snapdragon 8 Gen 2 menurut tipster Digital Chat Station dan Ice Universe memiliki konfigurasi tak lazim. Chip tersebut mempunyai CPU 1+2+2+3. Artinya terdapat satu core utama dengan clock speed 3.36Ghz, empat core tengah di kecepatan 2.80Ghz, dan tiga core kecil di 2.02GHz. Chipset mampu mencatatkan skor 1,485 poin dan 4,844 poin di tes single core maupun multi-core. Tentunya capaian tersebut meningkat dari chipset Snapdragon generasi sebelumnya.

Samsung rilis Galaxy S23 awal Februari 2023, intip spesifikasinya

foto: Twitter/ @Universelce

Kemudian di sektor kamera, Galaxy S23 akan memakai kamera dengan lensa resolusi 200 MP. Seperti diketahui lensa 200 MP menjadi paling tinggi untuk smartphone flagship saat ini. Besar kemungkinan kamera belakang akan menggunakan sistem quad camera. Terdapat lensa telefoto 10 MP dengan zoom optic hingga 10x, dan lensa ultra-wide 12 MP.

Dari segi desain, Samsung berusaha menghilangkan tonjolan di kamera belakang. Hal ini selaras dengan konsep yang dihadirkan dalam Galaxy S22 Ultra. Kemudian untuk bagian layar, Galaxy S23 akan memiliki layar datar dengan lubang jarum untuk kamera selfie.

Beralih ke suply daya, Samsung dilaporkan akan lebih berani dengan membawakan baterai berkapasitas 5.000 Mah. Bahkan terdapat mode Light untuk meningkatkan masa baterai.


(brl/guf)