Samsung Galaxy S23 rilis 1 Februari 2023, ini bocoran spesifikasi yang dibawanya

Samsung Galaxy S23 rilis 1 Februari 2023, ini bocoran spesifikasi yang dibawanya

Techno.id - Samsung secara resmi membeberkan event Galaxy Unpacked akan dihelat pada Februari mendatang di San Francisco, Amerika Serikat. Dalam gelaran tersebut, Samsung akan memperkenalkan smartphone seri Galaxy S terbarunya. Diyakini bahwa Samsung akan menghadirkan Galaxy S23 series.

Untuk jadwal Galaxy Unpacked akan digelar pada 1 Februari 2023 pukul 13.00 waktu Amerika Serikat, atau tepatnya 2 Februari pukul 01:00 WIB dini hari. Hal ini terlihat dari unggahan akun Twitter resmi Samsung, @SamsungMobile.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, gelaran Samsung Unpacked selalu menghadirkan lini Galaxy S series. Terlihat pada tahun lalu, peluncuran Galaxy S22 dilakukan pada 9 Februari, dan kali ini Samsung dipastikan akan memamerkan Galaxy S23 series di ajang tersebut.

Samsung memang belum merilis secara resmi spek dari Galaxy S23 series. Namun, bocoran mengenai spek smartphone flagship ini santer diperbincangkan di platform digital. Kali ini techno.id akan memberikan bocoran spesifikasi Samsung Galaxy S23 yang dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (12/1).

Diketahui, Samsung akan memperkenalkan tiga model Galaxy S23, mulai dari seri reguler, Galaxy S23 Plus dan Galaxy S23 Ultra. Melalui video teasernya, terdapat kalimat 'megapixels that'll make you say wooow' (megapiksel yang akan membuat kamu berkata 'wooow').

Melansir dari GSM Arena, teaser yang beredar akan merujuk ke Galaxy 23 Ultra. Terlebih Samsung memberikan peningkatan kapasitas resolusi lensa menjadi 200 MP.

Melalui leaker Ice Universe, Samsung akan memberikan kapasitas hardware dan pemrosesan lebih baik di sektor fotografi, terlebih saat pengambilan gambar di malam hari.

Samsung Galaxy S23 rilis 1 Februari 2023, ini bocoran spesifikasi yang dibawanya

foto: Twitter/ @Slashleks

Kombinasi dari kamera utama dan chipset baru varian Ultra akan mendukung perekaman video hingga kualitas 8k di kecepatan 30 fps. Tentu kapasitas ini meningkat dari seri sebelumnya, yang hanya mencapai 24 fps. Sementara kabar lain menyebutkan, bahwa Galaxy S23 Ultra kan menggunakan kamera selfie 12 MP.

Melansir dari akun Twitter leaker lain Ahme Qwaider, pada Kamis (12/1), Samsung akan menghapus opsi memori internal 128 GB dan digantikan dengan kapasitas 256 GB. Kapasitas ROM akan diterapkan untuk semua seri Galaxy S23 yang akan hadir bulan depan. Sementara seri Galaxy S23 Ultra akan memiliki opsi ROM 256 GB, 512 GB, dan 1 TB.

Samsung Galaxy S23 rilis 1 Februari 2023, ini bocoran spesifikasi yang dibawanya

foto: Twitter/ @AhmedQwaider888

Belum diketahui secara pasti chipset apa yang akan digunakan. Namun besar kemungkinan Galaxy S23 akan memakai Snapdragon 8 Gen 2 versi khusus.

Untuk sektor suplai daya, Galaxy S23 diprediksi bakal menggunakan baterai berkapasitas 3.900 mAh, berbekal fast charging 25W. Tentu kapasitas ini cenderung meningkat, mengingat seri Galaxy S22 hanya memiliki baterai berkapasitas 3.700 mAh.

Sementara Galaxy S23 PLus akan mengusung baterai berdaya 4.700 mAh dengan fast charging 45W. Galaxy S23 Ultra akan memiliki kapasitas baterai paling besar dengan daya 5,000 mAh dan akan dibekali fast charging 45W.

Melalui akun leaker Twitter @Slashleks, pada Kamis (12/1), ia memposting gambaran mengenai Samsung Galaxy S23 series. Mulai dari seri reguler, pro, hingga ultra.

Samsung Galaxy S23 rilis 1 Februari 2023, ini bocoran spesifikasi yang dibawanya

foto: Twitter/ @Slashleks

Dari unggahan gambar tersebut, terlihat jelas bahwa ubahan paling menonjol ada di sektor kamera. Samsung memilih untuk tidak menyertakan plat lensa, sehingga terkesan lebih menonjol dari body belakang.

Samsung juga akan memberikan teknologi S Pen yang ditingkat untuk Galaxy S23 Ultra. Bentuk dari Galaxy S23 series tidak jauh berbeda dari seri sebelumnya. Seri Galaxy S23 Ultra akan memiliki body lebih kotak, dan seri lainnya mempunyai frame lengkung.


(brl/guf)