Asus ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate resmi meluncur, miliki layar mini di bagian casing belakang

Asus ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate resmi meluncur, miliki layar mini di bagian casing belakang

Techno.id - Asus secara resmi meluncurkan smartphone kelas gaming terbarunya, ROG Phone 7 series. Kali ini mereka menghadirkan dua tipe ponsel yaitu ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate. Kedua ponsel tersebut membawa beberapa peningkatan di aspek dapur pacu dan fitur.

Kendati membawa beberapa peningkatan spike, di seri ROG Phone 7 Ultimate masih mengantongi ciri khas dari pendahulunya. Ponsel tersebut tetap dibekali ROG Vision. Sebagai informasi, ROG Vision merupakan layar sekunder yang ditanam pada bagian casing belakang dengan panel OLED berukuran 2 inci.

Lantas teknologi apa saja yang tersemat dalam ROG Phone 7 Series terbaru? Berikut techno.id sajikan spesifikasi dari kedua ponsel tersebut.

ROG Phone 7 Ultimate

Asus ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate resmi meluncur, miliki layar mini di bagian casing belakang foto: asus.com

Asus ROG Phone 7 Ultimate masih membawa desain seperti pendahulunya, ROG Phone 6 series. Di dalam ponsel ini terdapat layar mungil yang dinamakan ROG Vision. Layar tersebut mempunyai fungsi untuk menampilkan animasi status ponsel, seperti pengisian daya, mode bermain game, notifikasi telepon masuk, dan masih banyak lagi. Bahkan pengguna bisa mengatur bagaimana tampilan animasi sesuai keinginan mereka.

Asus memberikan fitur baru yaitu Aero Active Portal. Fitur ini hadir untuk memberikan air flow lancar ke sektor dapur pacu. Nantinya AeroActive Portal ini juga akan aktif apabila cooler eksternal dipasang pada bagian punggung ponsel. Hasilnya pendinginan perangkat bisa meningkat hingga 20%.

Masih di sektor pendinginan, Asus memberikan teknologi GameCool7 untuk ROG Phone 7 Ultimate. Teknologi ini memberikan pendinginan berbasis cairan vapor chamber lebih mumpuni, beserta tembaga penghantar panas berukuran lebih besar.

Asus memberikan sistem pendinginan maksimal ke ROG Phone 7 Ultimate berkat chipset gahar yang dibawanya. Ponsel ini dibekali dengan chip dari sang naga, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 terbaru. Chip mampu dipacu hingga kecepatan 3,2 Ghz, dan memberikan peningkatan performa hingga 15%. Kendati lebih kencang, berkat pendinginan maksimal chipset bisa memberikan efisiensi daya hingga 15%.

Chipset gahar tersebut dipadukan dengan RAM tipe terbaru yaitu LPDDR5X hingga mencapai 16 GB. Sedangkan untuk memori internal menggunakan penyimpanan berkapasitas hingga 512 GB tipe UFS 4.0.

ROG Phone 7 Ultimate dibekali dengan layar kelas atas, tipe panel AMOLED berukuran 6,78 inci. Layar mampu memberikan resolusi grafis hingga 2448 x 1080 piksel. Bahkan untuk capaian refresh rate sebesar 165 Hz. Kemudian screen dapat memberikan tingkat kecerahan hingga 1.500 nits, dan dibekali pelindung kaca dari Corning Gorilla Glass Victus.

ROG Phone 7 Ultimate dapat dikatakan gahar di sektor dapur pacu. Namun, Asus juga tak mengenyampingkan sistem kamera dari ponsel ini. Smartphone kelas gaming baru dari Asus ROG membawa kamera utama tipe Sony IMX766 resolusi 50 MP. Kamera tersebut bersanding dengan lensa ultra wide dan 5 MP macro. Sedangkan untuk keperluan swafoto, terdapat lensa wide resolusi 32 MP sebagai kamera selfie.

ROG Phone 7 Ultimate ditopang oleh baterai berdaya 6.000 mAh. Asus juga membawakan pengisian daya cepat hingga 65 Watt ke dalam paket penjualan.

Terkait dengan fitur lain, ROG Phone 7 Ultimate dibekali dengan fingerprint under display, dual speaker yang nendang, WiFi 7, Bluetooth 5.3, serta telah mengantongi sertifikasi IP64 untuk ketahanan debu dan air. Asus juga menyematkan tombol L1 dan R1 Air Triger 5, untuk pengalaman bermain game yang luar biasa.

(brl/red)