Apple rilis Mac Mini dengan bekal chip M2 dan M2 Pro, ini spesifikasi dan fitur bawaannya

Apple rilis Mac Mini dengan bekal chip M2 dan M2 Pro, ini spesifikasi dan fitur bawaannya

Techno.id - Apple secara resmi merilis Mac Mini edisi terbaru bersamaan dengan MacBook Pro 14 dan 16 Inchi. Kali ini Mac Mini oleh Apple dibekali dengan chipset seri Pro. Seperti diketahui, seri Mac Mini hanya menggunakan chipset M1.

Mac Mini membawa spek cukup mumpuni dengan harga terjangkau. Terdapat peningkatan kapasitas dibanding seri sebelumnya, yang diberikan Apple untuk Mac Mini.

"Dengan kemampuan luar biasa dan beragam konektivitas dalam desainnya yang ringkas, Mac mini bisa digunakan di banyak tempat, dengan berbagai cara. Hari ini, kami bersemangat untuk melangkah lebih jauh dengan M2 dan M2 Pro, "kata Greg Joswiak, wakil presiden senior Pemasaran Seluruh Dunia Apple, dikutip techno.id melalui laman Apple.com, pada Kamis (19/1).

Mac Mini mengusung chip M2 dan M2 Pro dengan performa tinggi, dukungan RAM besar, peningkatan jaringan konektivitas, dan fitur untuk melakukan aktivitas multitasking. Lantas bagaimana rincian speknya? Berikut techno.id sajikan spesifikasi Mac Mini terbaru dari Apple yang dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (19/1).

Mac Mini M2 Pro.

Apple rilis Mac Mini dengan bekal chip M2 dan M2 Pro, ini spesifikasi dan fitur bawaannya

foto: Apple.com

Apple untuk pertama kalinya menanam chip seri Pro ke dalam Mac Mini. Chip M2 Pro mempunyai konstruksi 12-core dengan 8-core performa tinggi dan 4-core efisiensi tinggi.

Mac Mini memakai GPU hingga 19-core, dengan dukungan unified memory atau lebih dikenal dengan RAM sebesar 32 GB dan bandwidth memory mencapai 200 GB per detik. Apple juga menanam teknologi Neural Engine yang diklaim mampu memacu performa perangkat lebih cepat hingga 40% dibanding seri pendahulunya M1.

Mac Mini dengan chip M2 Pro memberikan dapur pacu untuk pengolahan media yang kuat, mempercepat codec video paling populer dan secara bersamaan mampu memutar hingga lima aliran video 8K ProRes 422 di kecepatan 30 fps, kemudian mampu mencapai 23 aliran video 4K ProRes 422 di kecepatan 3- fps. Mac Mini dengan model chip M2 Pro mampu berjalan lebih cepat hingga 4x lipat dibanding Mac Mini berbasis Intel.

Seri Mac Mini M2 Pro mencakup empat port Thunderbolt 4 dan mendukung tiga konektivitas layar. Khusus model M2 Pro dapat mendukung satu layar 8K, ini pertama untuk Mac. Kemudian terdapat dua port USB-A, port HDMI, port Gigabit Ethernet dengan opsi 10GB, dan jack headphone yang ditingkatkan untuk mendukung headphone impedansi tinggi. Model M2 Pro juga mendukung Wifi 6E, dan Bluetooth 5.3.

Apple rilis Mac Mini dengan bekal chip M2 dan M2 Pro, ini spesifikasi dan fitur bawaannya

foto: Apple.com

Hemat kata, Mac Mini dengan chip M2 Pro mampu memberikan kecepatan 50% lebih cepat kala dipakai menjalankan Adobe Photoshop, 5,5 kali saat render di Adobe Lightroom Classic, dan 4 kali lebih cepat ketika mengedit video di Final Cut Pro.

Mac Mini M2.

Apple rilis Mac Mini dengan bekal chip M2 dan M2 Pro, ini spesifikasi dan fitur bawaannya

foto: Apple.com

Mac Mini edisi chip M2 memiliki CPU 8-core yang terdiri dari 4-core high performance dan 4-core high efficiency. Chip M2 yang dipasang menggunakan GPU 10-core. Dengan chip tersebut perangkat mampu menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan secara lancar.

Seri Mac Mini M2 menggunakan memori terpadu hingga 24 GB dan bandwidth mencapai 100 GB per detik. Alhasil aktivitas seperti pengeditan gambar di Adobe Photoshop lebih cepat hingga 50% dibandingkan seri sebelumnya. Apple juga menanam chip untuk meningkatkan akselerasi ProRes, sehingga pengguna dapat melakukan pengeditan video melalui Final Cut Pro 2x lebih cepat.

Melalui chip M2, Mac Mini mampu menjalankan dua streaming beresolusi 8K ProRes di kecepatan 30 fps, bahkan 12 streaming degan resolusi 4K ProRes di 30 fps.

Mac Mini M2 dapat menampilkan dua port Thunderbolt 4 dan mendukung konektivitas hingga dua layar. Perangkat ini juga dibekali dengan dua port USB-A, port HDMI, port Gigabit Ethernet dengan opsi 10GB, dan jack headphone untuk mendukung headphone impedansi tinggi. Model M2 juga mendukung Wi-Fi 6E, dan Bluetooth 5.3.

Apple rilis Mac Mini dengan bekal chip M2 dan M2 Pro, ini spesifikasi dan fitur bawaannya

foto: Apple.com

Apple menyematkan memori terpadu 8GB untuk seri M2 dan 16GB di varian M2 Pro, yang dapat dikonfigurasi hingga 24GB dengan M2 atau 32GB dengan M2 Pro. Sementara penyimpanan internal dapat dikonfigurasi hingga 2TB dengan M2 atau hingga 8TB dengan M2 Pro

Apple mengklaim bahwa Mac Mini mempunyai kapasitas kinerja dan performa lebih tinggi dibanding perangkat Windows. Perangkat ini dapat dipesan mulai 17 Januari dan sudah tersedia di gerai mitra Apple mulai 24 Januari 2023. Namun untuk pasar utama dan pertama Mac Mini akan jatuh di market Amerika Serikat.

Berikut gambaran harga Mac Mini di Amerika Serikat:

- Mac mini M2 8-Core CPU, GPU 10-Core, Memori Terpadu 8GB, SSD 256GB - USD 599 atau sertara Rp 9 juta
- Mac mini M2 8-Core CPU, GPU 10-Core, Memori Terpadu 8GB, SSD 512GB - USD 799 atau sertara Rp 12 juta
- Mac mini M2 Pro 10-Core CPU, GPU 16-Core, Memori Terpadu 16GB, SSD 512GB USD 1.299 atau sertara Rp 19,5 juta


(brl/guf)