YouTuber ini membuat monitor dengan dua lapis LCD, antimainstream

YouTuber ini membuat monitor dengan dua lapis LCD, antimainstream

Techno.id - Seorang YouTuber bernama Matthew Perks atau biasa disapa Matt dari channel DIY PERKS membuat layar monitor dengan dua lapis LCD. Matt membuat monitor tersebut sebagai jawaban atas ketidakinginan dirinya membeli monitor dengan harga yang mahal.

Layar LCD umumnya tidak menampilkan warna hitam yang sebenarnya. Warna yang ditampilkan justru terlihat seperti abu-abu pudar. Menurut Matt, hal tersebut menyebabkan gambar yang ditampilkan menjadi datar dan tidak hidup.

Mungkin tidak masalah jika monitor hanya digunakan untuk browsing atau penggunaan kantor. Namun, hal tersebut akan berbeda jika digunakan untuk gaming atau menonton film.

YouTuber ini membuat monitor dengan dua lapis LCD, antimainstream (Foto : YouTube/DIY PERKS)

Alasan kenapa layar LCD tidak menampilkan warna hitam dengan baik adalah karena cara kerja kerja layar LCD itu sendiri yang menutup cahaya putih yang menyinari bagian belakang panel LCD. Cahaya berwarna putih yang disebut backlight tersebut ditutup panel LCD dengan warna dan hitam secara selektif. Masalahnya adalah pada area gelap atau hitam, masih terdapat cahaya yang menembus LCD tersebut. Hal ini terjadi di seluruh monitor yang menggunakan teknologi LCD.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)