Cara mengatasi aplikasi YouTube yang tidak bisa dibuka, jangan-jangan diretas

Cara mengatasi aplikasi YouTube yang tidak bisa dibuka, jangan-jangan diretas

Techno.id - YouTube menjadi salah satu platfrom berbagi video yang sangat popular saat ini. Beragam konten yang disajikan bukan hanya sebatas hiburan, namun ada juga unsur informasi dan edukasi. Nggak heran jika Youtube menjadi platform yang paling digemari.

Tapi ada kalanya beragam konten YouTube tersebut tidak dapat diakses pada beberapa perangkat, baik yang menggunakan sitem operasi Android maupun iOS. Bahkan konten tersebut juga tidak bisa diakses melalui laptop, komputer, termasuk smart TV.

Nah kalau sudah begitu, jangan keburu panik. Cek dulu penyebab dan permasalahannya. Sebab, ada beberapa faktor konten YouTube tidak bisa dibuka. Berikut cara mengatasi dan mengathui penyebab konten YouTube tidak bisa diakses.

1. Cek koneksi internet

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa koneksi internet. Apakah perangkat kamu memiliki koneksi yang baik atau justru bermasalah. Jika menggunakan WiFi, pastikan perangkat kamu terhubung dengan jaringan WiFi tersebut. Begitu juga ketika menggunakan data selular. Pastika paket data kamu masih aktif dan periksa jaringan operator selular yang kamu gunakan.

2. Bersihkan RAM

Periksa juga kondisi RAM kamu, apakah cukup memadai atau justru penuh. Jika penuh, sebaiknya hapus file sampah atau file yang tidak terlalu penting agar performa smartphone kamu bisa optimal. Kamu juga bisa membuang aplikasi yang tidak terlalu sering digunakan.

Apalagi konten di YouTube menampilkan konten video yang membutuhkan RAM perangkat yang cukup. Sebab, jika RAM di perangkat bergerak kamu tidak memadai, sangat mungkin terjadi crash sehingga tidak bisa memutar konten YouTube yang kamu inginkan.

3. Hapus data aplikasi YouTube

Selain menyimpan cache, YouTube juga menyimpan data berupa konfigurasi, informasi akun, hingga thumbnail video. Hal ini akan memberatkan memori ponsel kamu. Karena itu tidak ada salahnya jika kamu menghapus data aplikasi YouTube.

Cara mengatasi aplikasi YouTube yang tidak bisa dibuka, jangan-jangan diretas (Foto :Unsplash/CardMapr.nl)

4. Install ulang aplikasi YouTube

Penyebab lain mungkin saja aplikasi YouTube tersebut tidak terinstal dengan baik. Karena ada kesalahan saat proses instalasi YouTube, sehingga aplikasi ini tidak berjalan dengan lancer. Karena itu sebaiknya kamu instal ulang aplikasi YouTube.

5. Update aplikasi YouTube

Google, sebagai pemilik YouTube, secara rutin memperbarui aplikasi berbagi video paling populer ini. Jika kamu belum pernah memperbarui YouTube sebelumnya, sangat mungkin aplikasi tersebut tidak berjalan secara optimal. Karena itu sebaiknya kamu perbarui agar kamu dapat menggunakan aplikasi tersebut beserta fitur-fitur terbaru.

6. Periksa aktivasi domain

Terkadang YouTube tidak mau terbuka dengan memberikan notifikasi Kamu tidak dapat masuk ke YouTube dengan akun Google Ini artinya akses kamu telah dibatasi oleh administrator. Karena itu periksa aktivasi domain di YouTube. Jangan-jangan akses kamu ke YouTube diblokir. Untuk itu beri tahu administrator domain untuk menambahkan YouTube ke layanan sehingga kamu dapat membukanya dengan akun email kamu.

7. Pulihkan akun YouTube

Alasan lain mengapa YouTube tidak mau terbuka adalah akun tidak dapat diakses karena mungkin saja ada peretasan. Karena itu ada baiknya kamu pulihkan akun kamu. Untuk melakukannya, buka alamat email akun YouTube kamu, lalu klik Keamanan dan pilih Pemulihan.

Setelah itu, sistem akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengonfirmasi bahwa akun tersebut adalah milik kamu dan melakukan langkah pemulihan lebih lanjut hingga kata sandi direset.

Magang : Zadun Naja

(brl/red)