Trik kamera iPhone ini bisa membantu mensimulasikan penglihatan alami pengguna berkacamata

Trik kamera iPhone ini bisa membantu mensimulasikan penglihatan alami pengguna berkacamata

Techno.id - Dalam 20 tahun terakhir, komputasi seluler telah berkembang pada tingkat yang lebih cepat daripada industri lainnya. Ponsel cerdas sekarang mampu melakukan lebih dari sekadar alat komunikasi jarak jauh.

iPhone, khususnya, telah berevolusi dari smartphone tanpa keyboard menjadi konsol game selular menjadi kamera yang menyaingi DSLR. Bahkan penggemar Apple terus menemukan kasus penggunaan baru untuk fungsi iPhone yang tampaknya biasa-biasa, tetapi bisa menjadi luar biasa.

Ahli kacamata Jepang Sakata Yoshi dalam akun X pribadinya, baru-baru ini menggunakan lensa kamera iPhone untuk mendemonstrasikan bagaimana orang dengan gangguan penglihatan dapat melihat jelas tanpa bantuan kacamata.

Dalam postingan, Yoshi mensimulasikan penglihatan alami dengan menggunakan fungsi kamera kunci AF/AE iPhone. Alat ini memungkinkan pengguna untuk mengunci nilai fokus dan eksposur saat mengambil foto, yang berguna seperti saat memotret pemandangan dengan gerakan di latar belakang, atau saat mencoba fotografi makro close-up.

Metode Yoshi ini dapat kamu coba. Pertama, posisikan lensa kamera iPhone kamu di belakang sepasang kacamata milikmu. Klik dan tahan di mana saja di jendela bidik hingga fungsi kunci AF/AE muncul di bagian atas layar. Kemudian, cukup lepaskan kacamata dari pandangan kamera iPhone. Begitulah cara melihat lingkungan sekitar tanpa kacamata.

Dalam video terpisah, Yoshi juga mendemonstrasikan cara mensimulasikan presbiopia-yaitu ketidakmampuan untuk melihat objek dari dekat-menggunakan fungsi iPhone yang sama tanpa kacamata.

Yoshi berfokus pada objek yang agak jauh (tirai) dan mengaktifkan kunci AF/AE dengan mengulangi langkah-langkah di atas. Sekarang, kamera iPhone dapat melihat objek dengan jelas pada jarak yang sama dengan tirai, tetapi objek yang diposisikan tepat di depan kamera iPhone menjadi buram. Ini mirip dengan bagaimana seseorang dengan presbiopia mengalami dunia tanpa kacamata.

(brl/red)