Skyscanner: Wisatawan lebih suka Mataram ketimbang London

Skyscanner: Wisatawan lebih suka Mataram ketimbang London

Techno.id - Skyscanner, situs pencarian perjalanan global terkemuka telah mengungkap bahwa destinasi lokal lebih diminati wisatawan daripada destinasi mancanegara. Sepertinya warga Indonesia lebih cinta tempat wisata dalam negeri karena keindahan panorama dan kebudayaannya yang beragam. Temuan hasil cukup mengejutkan ini didapat dari data penerbangan Skyscanner.

Pada paruh pertama 2015, Skyscanner mempunyai data penerbangan yang menunjukkan bahwa Mataram menjadi destinasi utama bagi para wisatawan Indonesia. Bahkan, Mataram menduduki puncak destinasi, mengalahkan London dan Hong Kong. Tak hanya Mataram, Jakarta juga mengalami peningkatan sebesar 34 persen di tahun 2015.

Hasil yang didapat Skyscanner diperkuat oleh Singapore Tourism dalam laporan Capturing the Asian Millenial Traveler, wisatawan muda Indonesia atau yang kerap kali disebut sebagai generasi Millenial, cenderung untuk memilih tujuan wisata dalam negeri, sama seperti wisatawan Asia lainnya yang memilih untuk berlibur ke destinasi yang hanya ditempuh kurang dari empat jam penerbangan.

Peningkatan jumlah wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi dalam negeri juga terjadi pada bulan Juli dan Agustus 2015. Pada perayaan bulan Ramadan dan satu bulan setelahnya, Skyscanner menunjukkan adanya peningkatan sebesar 36 persen pada data pencarian penerbangan menuju destinasi wisata dalam negeri dibandingkan dengan luar negeri.

Berikut ini adalah data pencarian penerbangan dari Skyscanner pada tahun 2014 dan 2015:

Skyscanner: Wisatawan lebih suka Mataram ketimbang London

(brl/red)