Mulai 1 Mei nanti, Google semayamkan Picasa

Mulai 1 Mei nanti, Google semayamkan Picasa

Techno.id - 14 tahun sudah berlalu. Nampaknya, sampai sebatas itu saja usia Picasa yang dirilis tahun 2002 silam.

Ya, aplikasi photo organizer, viewer, editor, sekaligus sharing itu akan dipensiunkan oleh Google dalam tiga bulan ke depan. Bahkan terhitung mulai 15 Maret 2016, dukungan alias update terhadap aplikasi desktop Picasa bakal distop.

Sedangkan setelah 1 Mei 2016, user tak diperbolehkan mengedit atau membuat album lagi di layanan web Picasa, kendati user masih punya hak untuk melihat, mengunduh, atau menghapus album di sana. Namun jangan khawatir, karena Google telah memindahkan konten milik user di Picasa ke Google Photos.

Dari aturan ini, mungkin Anda sudah bisa menebak kalau Picasa akan digeser oleh Google Photos. Anil Sabharwal, Pimpinan Google Photos, pun tak memungkirihal ini lewat posting yang diunggah di blog resmi layanan yang lahir Mei 2015 silam itu.

"Setelah banyak mempertimbangkan, kami telah memutuskan untuk memensiunkan Picasa dalam beberapa bulan ke depan demi fokus pada satu layanan foto di Google Photos," terangnya (12/02/16). Tak seperti Picasa yang hanya fokus pada desktop, Google Photos ingin dijadikan produk utama Googlebaik di desktop maupun mobile.

Sebagai gambaran, Picasa tergolongproduk awal Google di sektor image dan photo. Perusahaan search engine itu mengakuisisi Picasa dariLifescape padaJuli 2004.

(brl/red)