Jangan buka kotak misteri di email, peretas sedang berupaya mengakses akun kamu

Jangan buka kotak misteri di email, peretas sedang berupaya mengakses akun kamu

Techno.id - Jika tiba-tiba mendapatkan email yang mengklaim bahwa kamu memenangkan sesuatu, sebaiknya abaikan saja. Saat ini muncul penipuan Kotak Misteri (Mystery Box), yang menjanjikan sesuatu melalui email. Tampaknya kiriman tersebut menarik tetapi sebenarnya hanyalah tipuan untuk mencuri informasi kamu.

Penipuan kotak misteri

Jangan buka kotak misteri di email, peretas sedang berupaya mengakses akun kamu foto: freepik

Penipuan kotak misteri memiliki banyak varian berbeda, tetapi semuanya memiliki elemen yang sama. Email tersebut akan mengklaim bahwa kamu dapat memenangkan hadiah misteri dengan mengklik tombol dan menjawab beberapa pertanyaan. Penipuan tersebut dapat menyamar sebagai perusahaan mana pun untuk membuat dirinya terlihat sah, sebagai kedok.

Ini yang terjadi jika kamu mengklik kotak misteri

Jangan buka kotak misteri di email, peretas sedang berupaya mengakses akun kamu foto: freepik

Jika kamu merasa ingin tahu dan mengeklik tautan di email, kamu akan diarahkan ke situs web palsu yang dirancang agar terlihat seperti perusahaan apa pun sah yang dipilih scammer. Situs web akan menampilkan survei yang harus kamu isi sebelum mendapatkan hadiah.

Survei akan menanyakan data sensitif kepada kamu, seperti nama pengguna, kata sandi, dan informasi perbankan. Tentu saja, jika kamu mencapai akhir survei, tidak ada hadiah yang bisa dimenangkan. Mengisi survei tidak akan memberi kamu apa-apa dan memberikan semua detail kamu kepada penipu.

Perhatikan bahwa tidak ada hal buruk yang akan terjadi jika kamu menerima atau membuka email kotak misteri. Penipuan hanya terpicu jika kamu mengeklik tautan dan memasukkan detail kamu secara manual. Cukup membuka email saja tidak cukup bagi penipu untuk mencuri data kamu.

Cara menghindari penipuan kotak misteri

Jangan buka kotak misteri di email, peretas sedang berupaya mengakses akun kamu foto: freepik/rawpixel.com

Mengingat bagaimana penipuan email kotak misteri bergantung pada cara kamu memasukkan data ke dalam survei, menghindari penipuan ini sangat mudah. Jika kamu melihat email dari alamat aneh yang mengklaim bahwa kamu memenangkan sesuatu, jangan klik tautan apa pun. Cukup tandai sebagai spam, jika belum ada di filter spam dan hapus email tersebut.

Meskipun penipuan kotak misteri dapat mengungkapkan kredensial kamu kepada penipu, penipuan tersebut hanya efektif jika kamu mengikuti langkah-langkahnya dan memasukkan semua detail kamu. Intinya, abaikan saja.

(brl/red)