Jaga agar telinga tetap sehat, begini 5 Cara sederhana membersihkan headphone gaming

Jaga agar telinga tetap sehat, begini 5 Cara sederhana membersihkan headphone gaming

Techno.id - Sudah menjadi suatu common sense jika barang yang dimiliki itu harus dirawat. Selain menjaga agar barang tetap awet, merawat benda apalagi elektronik juga sedikit demi sedikit dapat meningkatkan kualitasnya. Jika perangkat dalam keadaan oke, maka bagian tubuh kita yang memiliki intensitas terpapar kepadanya pun akan tetap sehat. Lain hal bila perangkat elektronik tersebut kotor.

Maka hasil sebaliknya akan didapat. Seperti headphone, kiranya perangkat satu ini tak terpisahkan dalam aktivitas manusia saat ini. Khususnya bagi mereka yang senang bermain game. Dibanding TWS atau headset, penggunaan headphone nampaknya jauh lebih puas dalam meraih pengalaman game yang maksimal.

Bila tidak dirawat, bukan tidak mungkin jika headphone malah menjadi sumber penyakit. Bahannya yang memang didesain untuk memberi sensasi nyaman kepada telinga malah menjadi area lembab tempat virus atau bakteri tumbuh. Sepatutnya dihindari bukan situasi seperti ini? oleh karena itu techno.id telah menghimpun dari berbagai sumber pada Selasa (11/4), berikut 5 cara sederhana membersihkan headphone.

Jaga agar telinga tetap sehat, begini 5 Cara sederhana membersihkan headphone gaming foto: freepik.com/towfiqu999

1. Lepas bantalan telinga

Bagian ini adalah bagian yang paling sering berinteraksi dengan bagian tubuh manusia. Terutama pada telinga dan sekitarnya. Caranya bisa dengan menggunakan kain halus seperti kain untuk mengelap kacamata, guna mengelap bantalan ini.

2. Bersihkan celah-celah kecil

Untuk menjangkau ruang yang hanya bisa diraih oleh alat kecil, sebaiknya gunakan Cotton Bud atau korek kuping. Pun tidak hanya di ruang kecil, tapi pada permukaan-permukaan yang halus penggunaan Cotton Bud sangat direkomendasikan.

3. Lap dengan kain basah

Lap seputar bodi headphone dengan kain basah. Namun kain di sini dibasahi oleh handsanitizer atau cairan apapun yang mengandung alkohol. Tujuannya untuk membuat permukaan benda menjadi lebih steril.

Jaga agar telinga tetap sehat, begini 5 Cara sederhana membersihkan headphone gaming foto: freepik.com/kvladimirv

4.Bersihkan kabel dengan minyak kayu putih

Kabel merupakan bagian headphone yang tak kalah penting bahkan perannya cukup krusial. Khusus headphone berkabel, ada baiknya untuk memebrsihkan kabel dengan lap kain. Basahi lebih dulu lap kain dengan minyak kayu putih. Tujuannya agar noda pada kabel bisa memudar hingga hilang.

5. Gunakan tisu basah

Agar nantinya penggunaan headphone jauh lebih maksimal lagi, bagian mikrofon menjadi tidak boleh terlewat. Tentu agar saat bermain game komunikasi antar pemain menjadi lebih lancar tanpa gangguan audio. Cara membersihkannya bsa dengan mengelapnya dengan tisu basah.

(brl/red)