Ini cara sederhana mengaktifkan mode fokus di HP Andorid, biar kamu tetap konsentrasi

Ini cara sederhana mengaktifkan mode fokus di HP Andorid, biar kamu tetap konsentrasi

Techno.id - Kemajuan teknologi ibarat dua mata pisau. Di satu sisi memberikan manfaat untuk produktivitas, tapi di sisi lain juga berdampak negatif jika tidak digunakan dengan baik. Hal ini dikarenakan betapa eratnya keseharian manusia dengan teknologi. Kadang di waktu yang sebetulnya bukan jam kerja, seringkali aplikasi layanan pesan atau aplikasi yang terafiliasi dengan urusan kantor memberikan notifikasi.

Situasi tersebut tentu sangat menganggu waktu istirahat. Bisa juga karena hal lain yakni kecanduan dalam penggunaan smartphone untuk tujuan rekreasi. Tak jarang masalah kesehatan sering muncul hanya melalui aktivitas sesederhana membuka gadget terus menerus yang mengakibatkan kurang tidur.

Namun hal tersebut sudah bisa diatasi. Sebab, kini sebagian besar smartphone sudah menyertakan fitur Focus Mode yang akan membantu pengguna menjaga konsentrasi. Fitur ini akan membatasi kerja aplikasi. Musik latar untuk menambah suasana yang mendukung agar pengguna merasa nyaman juga bisa diatur.

Utamanya agar pengguna tidak terdistraksi oleh berbagai notifikasi yang muncul sehingga bisa berdampak pada kesulitan tidur. Terutama bagi pengguna smartphone berbasis Android pada merk Samsung dan Xiaomi, berikut cara sederhana mengaktifkannya yang sudah dirangkum Techno.id, Selasa (4/4).

Mode fokus pada Samsung

1. Buka pengaturan pada perangkat

2. Pilih Kesejarhteraan Digital dan Kontrol Orang Tua

3. Scroll ke atas hingga menemukan ikon Mode Focus

Mode fokus pada Xiaomi

1. Buka Pengaturan pada perangkat

2. Pilih Kesehatan Digital dan Kontrol Orang Tua

3. Pilih aplikasi yang ingin dibatasi

4. Ketuk Aktifkan Sekarang

(brl/red)