Indosat gandeng Cisco bentuk lanskap keamanan siber di Indonesia untuk membantu UKM

Indosat gandeng Cisco bentuk lanskap keamanan siber di Indonesia untuk membantu UKM

Techno.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bekerjasama dengan Cisco untuk memperkenalkan layanan security edge terbaru yang menawarkan peningkatan kontrol keamanan dan pencegahan proaktif terhadap ancaman siber. Kolaborasi ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) kedua perusahaan di ajang Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024.

Kolaborasi ini untuk memberikan solusi keamanan siber bagi pelaku bisnis di Indonesia, terutama usaha kecil dan menengah (UKM), guna meningkatkan ketahanan digital dan postur keamanan mereka.

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan, kolaborasi dengan Cisco tidak hanya meningkatkan kemampuan Indosat Ooredoo Hutchison Group dalam mengantisipasi insiden keamanan, tetapi juga sejalan dengan tujuan Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia secara digital.

Kolaborasi ini sekaligus memberikan kesempatan bagi Indosat, melalui anak perusahaannya, PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta), untuk memanfaatkan solusi keamanan siber dari Cisco di Indonesia. Solusi tersebut meliputi Extended Threat Detection and Response (XDR), Security Services Edge (SSE), Email Security, dan Multifactor Authentication. Indosat berencana menyediakan solusi ini melalui skema Managed Services yang dirancang khusus untuk pelaku bisnis di Indonesia, terutama UKM.

Indosat gandeng Cisco bentuk lanskap keamanan siber di Indonesia untuk membantu UKM foto: indosat

President Director & CEO Lintasarta Bayu Hanantasena menyatakan menambahkan, kolaborasi dengan Cisco akan mendorong pihaknya untuk menciptakan solusi keamanan siber yang lebih inovatif untuk lanskap digital Indonesia.

Di tengah minat yang meningkat dari pelaku bisnis di seluruh dunia terhadap XDR, termasuk Indonesia, solusi keamanan siber ini menawarkan deteksi ancaman, investigasi, dan respons yang komprehensif di berbagai lapisan keamanan.

XDR mengintegrasikan berbagai produk keamanan dan sumber data untuk memberikan penggunanya pandangan yang lebih kohesif dan holistik mengenai postur keamanan mereka. Solusi tersebut memungkinkan pengguna melindungi bisnisnya dari ancaman siber yang canggih secara lebih efektif dengan menghilangkan silo yang biasanya ada antara perangkat dan tim keamanan siber yang berbeda.

Sementara itu, SSE mengintegrasikan beberapa fungsi keamanan menjadi layanan cloud untuk melindungi pengguna dan infrastruktur dari ancaman siber. Solusi yang dihadirkan melalui cloud yang berdasarkan prinsip zero trust menawarkan pengalaman pengguna yang aman dan perlindungan akses dari perangkat apa pun ke mana pun.

Kolaborasi ini memperkuat kemitraan jangka panjang antara Indosat dan Cisco. Kedua pihak akan memberikan solusi yang sederhana, aman, dan terukur untuk mengatasi kebutuhan kritis dalam ekosistem bisnis yang mengutamakan hybrid dan cloud.

(brl/red)