Indonesia jadi negara pertama lokasi peluncuran Kartu Now Google

Indonesia jadi negara pertama lokasi peluncuran Kartu Now Google

Techno.id - Selama bulan puasa berlangsung, Google Trends untuk teritori Indonesia cukup konsisten dalam melaporkan hasil pencarian populer yang bertemakan Ramadan dan Idul Fitri. Adapun tema-tema tersebut juga sangatlah beragam mulai dari makanan, tempat wisata, kartu ucapan selamat dan masih banyak lagi.

Sadar akan besarnya potensi Indonesia dengan momen Ramadan dan Idul Fitri, Google baru-baru ini meluncurkan aplikasi baru bernama "Kartu Now". Menariknya, Indonesia menjadi negara pertama yang dapat menikmati aplikasi baru Google tersebut.

Adapun aplikasi Kartu Now sendiri diluncurkan oleh Google guna memudahkan masyarakat Indonesia dalam mencari segala informasi yang berkaitan dengan Ramadan dan Idul Fitri. Guna menciptakan layanan terbaik, Google bahkan menjalin kerja sama dengan beberapa partner seperti Go-Jek, Kokiku TV, Band Lyla, Noura dan Cheryl Raissa.

"Di Asia, kami mendapati bahwa orang lebih peduli dengan sekitarnya. Kami melihat perspektif orang Asia terhadap penggunaan aplikasi ini. Berbeda dengan Amerika yang lebih individualis sehingga aplikasi ini tidak begitu populer. Itulah mengapa kami memilih Indonesia sebagai negara pertama yang kami singgahi," ungkap Joseph Kurachi Luk selaku Produk Engineer Google.

Ketika disinggung perihal negara mana lagi yang akan menikmati aplikasi baru ini, Joseph mengungkap bahwa Jepang akan menjadi negara selanjutnya setelah Indonesia. "Untuk selanjutnya, mungkin Jepang yang akan menjadi negara tujuan diluncurkannya aplikasi Kartu Now," lanjut Joseph.

Di sisi lain, Veronica Utami selaku Head of Marketing Google Indonesia mengatakan bahwa Kartu Now akan memberikan pengalaman baru dengan Google App. Veronica pun beralasan bahwa pesatnya pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia sebagai penyebab utamanya.

Meskipun peluncuran aplikasi Kartu Now Google ini bertepatan dengan berlangsungnya Ramadan dan Idul Fitri 1436 H, tidak menutup kemungkinan bahwa ke depannya Kartu Now juga dapat digunakan untuk memberikan berbagai informasi terkini lainnya. Sebut saja seperti kartu cuaca dan berita terbaru.

(brl/red)