Cara membagi layar laptop menjadi 2 di Windows 10, bikin kerja efisien

Cara membagi layar laptop menjadi 2 di Windows 10, bikin kerja efisien

Techno.id - Laptop selalu menjadi alat bantu banyak orang dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Penggunaannya yang mudah dan juga praktis menjadi penyebab laptop banyak digunakan. Selain hal tersebut, laptop juga menjadi alat multi fungsi yang sangat andal untuk digunakan untuk menyelesaikan berbagai kebutuhan.

Salah satu fitur menarik pada laptop yaitu mampu membagi layar menjadi 2 bagian, praktis dan efisien. Fitur multitasking untuk melakukan pekerjaan dan tugas dalam keadaan dan waktu yang bersamaan. Tentunya hal ini akan sangat membantu, apalagi bagi orang yang sedang dikejar deadline ataupun orang yang memiliki pekerjaan yang sangat menumpuk.

Oleh karena itu, techno.id melansir dari berbagai sumber terkait pada hari Jumat (23/9) cara membagi layar laptop Windows 10 menjadi 2 bagian.

Cara membagi layar laptop Windows 10 dengan menggunakan keyboard

Cara membagi layar laptop menjadi 2 di Windows 10, bikin kerja efisien

foto: pexels.com

- Pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka beberapa aplikasi atau jendela yang akan digunakan. Untuk kemudian dibagi dua (split screen)
- Lalu, tekan / klik tombol Windows + arah / panah (sebelah kiri tombol numerik) secara bersamaan. arah kanan untuk tampilan aplikasi ke arah kanan, arah kiri untuk tampilan aplikasi ke arah kiri, begitu pun dengan arah atas dan juga bawah.
- Setelah itu, kamu sudah bisa menikmati fitur split screen (layar terbagi 2) tersebut.

Cara membagi layar laptop Windows 10 dengan menggunakan kursor

Cara membagi layar laptop menjadi 2 di Windows 10, bikin kerja efisien

foto: pixabay.com

- Sama halnya dengan cara sebelumnya, kamu diharuskan untuk membuka beberapa aplikasi / jendela terlebih dahulu untuk selanjutnya bisa menikmati fitur split screen
- Kemudian setelah melakukan hal tersebut, kamu diharuskan untuk mengarahkan kursor ke arah title bar (pojok kanan atas yang sejajar dengan minimize / perkecil dan juga close / menutup)
- Setelah itu, klik dan tahan mouse / touchpad
- Lalu, arahkan dan tarik aplikasi ke arah kanan maupun kiri sampai dengan setengah layar. Adapun apabila ingin membaginya sampai dengan 4 bagian maka kamu tarik dan arahkan aplikasi hingga pojok atau bagian sudut layar
- Split screen pun sudah bisa dinikmati

Cara membagi layar laptop Windows 10 dengan menggunakan Snap Assist

- Masih sama dengan sebelumnya, buka terlebih dahulu aplikasi yang akan digunakan untuk dipakaikan fitur split screen
- Lalu, letakkan aplikasi pada sisi tertentu
- Setelah itu, sistem akan memunculkan thumbnail aplikasi yang lainnya.
- Pada waktu tersebut, klik thumbnail yang akan diletakkan selanjutnya.
- Kamu pun sudah bisa menikmati fitur split screen


Reporter: Irvan Fauzi Ahmad

(brl/guf)