Cara update dan akses PeduliLindungi jadi Satu Sehat Mobile, untuk Android dan iOS

Cara update dan akses PeduliLindungi jadi Satu Sehat Mobile, untuk Android dan iOS

Cara update ke Satu Sehat Mobile.

Cara update dan akses PeduliLindungi jadi Satu Sehat Mobile, untuk Android dan iOS

foto: Dinkes.acehprov.go.id

Bagi masyarakat tak perlu bingung untuk mendapatkan aplikasi ini. Bahkan tak perlu datang ke kelurahan hingga kecamatan untuk mendapatkan update Satu Sehat Mobile. Pasalnya pembaruan akan secara otomatis dilakukan oleh sistem, apabila pengguna melakukan update aplikasi. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan sobat telah menggunakan aplikasi PeduliLindungi, ya di smartphone yang digunakan.
2. Kemudian buka toko aplikasi App Store atau Play Store yang terdapat di perangkat HP.
3. Kemudian, pada kolom pencarian, silakan ketikkan Satu Sehat Mobile atau PeduliLindungi.
4. Apabila telah menemukannya, silakan klik opsi Perbarui.
5. Tunggu beberapa saat hingga proses mengunduh dan menginstal pembaruan Satu Sehat Mobile selesai.
6. Setelah diperbarui, nama dan logo aplikasi PeduliLindungi bakal berubah menjadi SatuSehat.

Itulah cara untuk update aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile. Sebagai informasi, SatuSehat Mobile merupakan aplikasi sistem informasi kesehatan umum dengan fitur lebih luas ketimbang platform dari pemerintah sebelumnya.

Berikut fitur yang dimiliki oleh SatuSehat Mobile.

Cara update dan akses PeduliLindungi jadi Satu Sehat Mobile, untuk Android dan iOS

foto: Techno.id/ Adnan

Perbedaan antara PeduliLindungi dan SatuSehat Mobile terletak pada fitur rekam medis yang akan ada di aplikasi tersebut. Aplikasi Satu Sehat Mobile akan memiliki sejumlah fitur terbaru, yaitu:

- Vaksin Dewasa dan Imunisasi Anak
- Resume Medis Elektronik
- Hasil Tes Lab
- Diari Kesehatan

Kendati telah diudpate, aplikasi SatuSehat masih memiliki sejumlah fitur sudah ada di PeduliLindungi, antara lain:
- Check-in di ruang publik
- Cek sertifikat vaksin Covid-19
- Hasil Antigen atau PCR near real-time.

Berikut cara akses ke SatuSehat Mobile.

Cara update dan akses PeduliLindungi jadi Satu Sehat Mobile, untuk Android dan iOS

foto: Mediakom.kemkes.go.id

Bagi masyarakat telah update ke SatuSehat Mobile tak perlu lagi melakukan pendaftaran. Cukup login dengan nomor ponsel atau email telah terdaftar di PeduliLindungi saja. Apabila pengguna mengalami kesulitan, SatuSehat juga memberikan pelayanan customer service. Kementerian kesehatan memberikan beberapa opsi, yaitu melalui pesan WhatsApp di 0811-1050-0567, email helpdesk@kemkes.go.id, atau mengirim direct message media sosial Kemenkes.

Namun bagi pengguna baru, atau sebelumnya belum pernah memiliki akun PeduliLindungi, bisa melakukan pendaftaran akun di SatuSehat Mobile. Cara cukup mendaftar dengan nomor ponsel atau email pengguna saja.

Melalui pantauan techno.id, aplikasi SatuSehat Mobile masih belum dapat diakses secara maksimal oleh masyarakat. Melansir dari akun Twitter resmi Kemenkes, dengan handle @KemenkesRI mengatakan bahwa masih dilakukan proses migrasi data pengguna dari PeduliLindungi ke aplikasi Satu Sehat.

Saat ini kami sedang proses migrasi data. Hal tersebut menyebabkan munculnya berbagai kendala, baik saat login, tampilan tiket, maupun sertifikat vaksin, jelas Kemenkes.

Para pihak terkait sedang mengusahakan agar SatuSehat dapat diakses oleh seluruh elemen masyarakat. Namun hal ini memerlukan waktu, hingga proses penanganan selesai. Kemenkes juga mengimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk sementara waktu menggunakan sertifikat vaksin Covid-19 dalam bentuk fisik maupun digital yang tersimpan di dalam smartphone.

Karena itu, kami menghimbau untuk sementara waktu masyarakat dapat menggunakan tiket maupun sertifikat vaksin yang telah dimiliki secara fisik maupun tersimpan secara digital untuk kepentingan aktivitas tertentu, ungkap pihak Kemenkes.

Bagi sobat techno, silakan mengunduh sertifikat vaksin yang dimiliki. Tujuannya agar dapat digunakan kala aplikasi sistem informasi kesehatan mengalami down seperti sekarang ini. Namun, apabila pengguna tidak menyimpan sertifikat vaksin Covid-19 dalam bentuk digital ataupun fisik, pilihan yang tersedia adalah menunggu aplikasi Satu Sehat bisa diakses kembali.

(brl/guf)