Cara simpel pin aplikasi di smartphone Android, bisa bantu jaga privasi

Cara simpel pin aplikasi di smartphone Android, bisa bantu jaga privasi

Techno.id - Smartphone menjadi perangkat multifungsi yang diandalkan banyak orang. Melalui smartphone seseorang bisa melakukan kegiatan produktif, komunikasi, mendapatkan informasi secara cepat, hingga media hiburan. Selain itu, smartphone juga dapat berfungsi sebagai media penyimpan data penting. Terlebih kapasitas penyimpanan ponsel pintar saat ini tergolong besar. Artinya, berbagai file dapat tersimpan di dalam ponsel secara mudah.

Meski kemudahan dapat dirasakan saat menggunakan smartphone, ternyata perangkat tersebut masih menyimpan kekurangan. Salah satu kekurangan dari ponsel pintar adalah rawannya data privasi pengguna terungkap. Terlebih ponsel tersebut sering dipinjamkan ke orang lain. Pasti jiwa-jiwa kepo seseorang bakal hadir kapan saja, tanpa aba-aba.

Memang menjaga data privasi di perangkat smartphone sangat diperlukan. Memasang pin atau kata sandi diperlukan, tujuannya mencegah dari para oknum hacker tidak bertanggung jawab. Namun itu saja tidak cukup, sobat techno.

Kamu bisa melakukan beberapa cara lain, agar ketika ponsel dipegang teman, pacar, atau yang lain tetap aman. Salah satunya adalah dengan mengaktifkan fitur "Pin aplikasi".

Bagi pengguna Android, fitur pin aplikasi ini dapat membantu menjaga privasi, loh. Fitur ini bekerja untuk menyematkan aplikasi yang tengah dibuka. Artinya apabila orang lain mau beralih ke aplikasi selain yang disematkan, tentu tidak bisa dilakukan. Pengguna perlu memasukkan password atau kata sandi agar pin aplikasi dapat dibuka.

Wah, fitur cukup menarik bukan? Lantas bagaimana cara menerapkan fitur ini? Berikut techno.id sajikan cara simple pin aplikasi di smartphone Android, pada Rabu (25/1). Yuk simak dengan detail langkah-langkahnya.

Cara Pin aplikasi di Android.

Cara simpel pin aplikasi di smartphone Android, bisa bantu jaga privasi

foto: Pexels.com

1. Silakan masuk ke menu setting smartphone yang digunakan.
2. Masuk ke kolom pencarian dan ketik "Pin".
3. Aktifkan opsi "Pin windows" di pilihan "Security and privacy" dengan menggeser toggle yang telah disediakan.
4. Setelah aktif, silakan buka aplikasi yang dipilih.
5. Buka tools Recent aplikasi.
6. Kemudian klik logo aplikasi.
7. Setelah itu pilih opsi "Pin aplikasi".
8. Viola, secara otomatis pengguna lain hanya bisa membuka satu aplikasi yang dipilih saja.

Itulah beberapa langkah bisa dilakukan untuk mengaktifkan mode pin aplikasi. Cara ini bisa membuat privasi kamu terjaga, meski HP sedang dipinjam teman. Selamat mencoba!

(brl/guf)