Cara mengaktifkan SafeSearch di Android, konten jadi aman

Cara mengaktifkan SafeSearch di Android, konten jadi aman

Techno.id - Kurangnya penyeleksian dan penyaringan konten oleh pihak media sosial telah menyebabkan penggunaan media digital menjadi rentan. Hal ini menyebabkan masuknya konten-konten ilegal yang tampil secara paksa ke dalam permainan media sosial di Android.

Untungnya, pihak Google mengambil keputusan tegas dengan menyediakan fitur SafeSearch. SafeSearch merupakan aktivitas menyaring dan menyeleksi konten atau informasi yang kurang baik oleh bantuan Google. Adapun hal ini dilakukan bertujuan untuk memfilter kegiatan digital masyarakat.

Cara menggunakannya pun sangat mudah dan tidak ribet. Hanya dengan mengunjungi website resmi ataupun dengan menggunakan tambahan aplikasi di Android, kamu sudah bisa dengan mudah mengaktifkannya secara langsung fitur SafeSearch tersebut.

Dilansir techno.id dari berbagai sumber pada hari Selasa (11/10), ini cara mengaktifkan SafeSearch di Android.

Cara mengaktifkan SafeSearch melalui Google Search di Android

Cara mengaktifkan SafeSearch di Android, konten jadi aman

foto: pexels.com

Langkah dan cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan SafeSearch di HP Android adalah dengan melalui aplikasi Google Search. Google Search sendiri merupakan aplikasi mesin pencari website ataupun situs pencarian yang dimiliki oleh Google LLC.

Adapun aplikasi ini seringkali dipakai dan digunakan oleh masyarakat. Maka dari itu, untuk menyaring informasi dan menyeleksi informasi yang baik. Berikut cara mengaktifkan Safe Search melalui Google Search:

- Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk terlebih dahulu ke aplikasi Google Search
- Setelah masuk aplikasi, pilih opsi menu "More" (bagian pojok kanan bawah) dan pilihlah lagi "Settings"
- Kemudian, setelah itu akan terdapat beberapa menu atau opsi pengaturan. Dan pilih saja opsi menu "General"
- Lalu, Carilah opsi "SafeSearch" dan aktifkan dengan cara menggeser tombol di sampingnya hingga berpindah ke arah lain (biasanya berwarna hijau)
- Fitur penelusuran aman pun sudah bisa kamu nikmati dan gunakan dengan nyaman

Cara mengaktifkan SafeSearch melalui Google Chrome di Android

Cara mengaktifkan SafeSearch di Android, konten jadi aman

foto: pexels.com

Kemudian langkah dan cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan fitur SafeSearch di HP Android adalah dengan melalui Google Chrome. Google Chrome merupakan salah satu produk hasil pengembangan perusahaan Google yang tersedia sebagai laman web browser maupun aplikasi di HP Android.

Adapun aplikasi ini tidak kalah hebatnya dengan Google Search. Selain penggunanya juga yang banyak, aplikasi Google Chrome ini juga bisa digunakan dengan mudah dan praktis tanpa harus melakukan hal-hal yang sulit. Karena dapat dipastikan aplikasi Google Chrome ini akan menjadi aplikasi bawaan pada setiap gadget di Tanah Air. Maka dari itu, untuk mengaktifkan fitur penyaringan informasinya adalah sebagai berikut:

- Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Google Chrome di gadget kamu
- Setelah masuk aplikasi, tekan ikon "titik tiga" (bagian pojok kanan atas) dan pilihlah juga "Settings"
- Kemudian, kamu carilah opsi menu "Privacy" dan tekan opsi tersebut
- Selanjutnya, pastikan opsi menu "SafeBrowsing" telah terceklis dan aktif
- Terakhir, kamu pun telah bisa menggunakan fitur Safe Search di aplikasi Google Chrome.

Magang: Irvan Ahmad Fauzi

(brl/guf)