Cara mudah transkrip file audio menjadi teks menggunakan Microsoft 365

Cara mudah transkrip file audio menjadi teks menggunakan Microsoft 365

Techno.id - Dulu saat hendak mentraskripsikan hasil wawancara yang berupa file audio menjadi teks, maka harus didengarkan ulang sambil menuliskan isi wawancara. Tentu cara tersebut membutuhkan waktu yang lama.

Namun kini untuk mengubah audio wawancara menjadi teks caranya sangat mudah. Kamu bisa menggunakan aplikasi Microsoft Word. Sebab, Word dapat secara otomatis mentranskripsikan teks lisan dengan menggunakan server Microsoft. Tentu saja ini akan menghemat waktu dan tenaga saat mengetik wawancara atau file lisan.

Jadi jika kamu telah melakukan wawancara atau menerima file dengan teks lisan, mengetik seringkali merupakan tugas yang membosankan. Namun, Word menawarkan untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan bantuan server Microsoft.

Menariknya, cara ini berfungsi untuk beberapa bahasa. Namun transkripsi rekaman audio hanya disertakan dalam Word versi berbayar di Microsoft 365. Begini cara menggunakannya.

Cara mudah transkrip file audio menjadi teks menggunakan Microsoft 365 foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka pengolah kata dan klik panah kecil di bawah Dikte di pita Mulai. Kemudian pilih Transkripsikan dari menu.

2. Klik tombol Unggah audio dan pilih file audio dengan dikte di tampilan Explorer pada langkah berikutnya.

3. Word menerima file dalam format WAV, MP4, M4A, dan MP3 dan mengunggahnya ke memori Onedrive kamu. Rekaman suara tersebut kemudian diubah menjadi teks tertulis. Microsoft memastikan bahwa baik rekaman maupun transkripsi tidak disimpan di servernya. Kamu kemudian dapat mengunduh file Word yang berisi teks tersebut.

4. Sedangkan perintah Mendikte tersedia dalam versi berbayar dan versi gratis Word, yang memungkinkan kamu untuk segera menyalin teks lisan. Oleh karena itu, dimungkinkan untuk memutar ulang rekaman audio di ponsel cerdas atau komputer lain, mentransfernya ke Word menggunakan mikrofon, lalu mengubah kata yang diucapkan menjadi teks.

(brl/red)