5 Fitur baru YouTube Music, bisa share lagu di IG Stories

5 Fitur baru YouTube Music, bisa share lagu di IG Stories

Techno.id - Berkat kecanggihan teknologi gadget masa kini, seseorang dapat melakukan aktivitas multitasking dengan mudah. Biasanya seseorang menggunakan gadgetnya untuk bekerja atau belajar sambil mendengarkan musik. Terlebih saat ini ada banyak platform streaming musik yang dapat diunduh secara gratis. Salah satu aplikasi dengan berbagai koleksi musik adalah YouTube Music.

Aplikasi streaming musik milik Google tersebut mempunyai segudang fitur menarik yang bisa digunakan. Seseorang bisa mendengarkan berbagai genre musik secara mudah dengan YouTube Music. Terlebih pihak developer telah resmi memberikan fitur-fitur baru untuk pengguna. Tercatat ada 5 update fitur dilakukan oleh developer.

Salah satu fitur yang ditunggu-tunggu adalah share musik ke Instagram Stories. Ya, bagi pengguna YouTube Music saat ini bisa membagikan lagu favorit ke IG Stories secara langsung. Lalu fitur baru apa saja yang diberikan di YouTube Music? Kali ini techno.id pada Selasa (25/12), telah berhasil merangkum 5 fitur baru YouTube Music dari berbagai sumber.

1. Share daftar musik ke IG Stories.

5 Fitur baru YouTube Music, bisa share lagu di IG Stories

foto: techno.id/ Adnan

Seperti dibahas sebelumnya, pengguna bisa membagikan lagu yang sedang diputar ke IG Stories. Hal ini tentu bertujuan untuk mengajak followers IG mendengarkan dan menikmati lagu yang sedang didengarkan. Untuk dapat membagikan daftar musik yang didengarkan, pengguna cukup mengetuk ikon berbagi atau share. Kemudian pilih opsi Instagram. Setelah itu, pengguna akan dibawa ke laman IG Stories, dan akan diberikan gambar cover lagu/album, lengkap dengan judul dan nama penyanyi. Klik opsi Your Story untuk membagikan postingan secara publik.

2. Statistik per 7 hari terakhir.

Pihak developer memberikan fitur Last 7 Days. Fitur tersebut dapat digunakan untuk melihat aktivitas pengguna di aplikasi selama 7 hari terakhir. Fitur tersebut memberikan rangkuman lagu-lagu, musisi, album, hingga playlist yang sering diputar selama sepekan terakhir.

Tujuan dari fitur ini dihadirkan untuk melihat lagu apa saja yang telah dinikmati selama sepekan terakhir, dan memberikan informasi seberapa sering sebuah lagu diputar. Untuk mengakses fitur ini pengguna hanya perlu masuk ke profil. Kemudian ketik opsi Your chanel. Pengguna akan diberikan statistik Last 7 Days secara otomatis.

3. Winter Recap.

5 Fitur baru YouTube Music, bisa share lagu di IG Stories

foto: techno.id/ Adnan

Sebelumnya developer memberikan fitur untuk melihat playlist selama sepekan terakhir. Sebagai pelengkap, YouTube Music memiliki fitur Winter Recap. Fitur ini dapat memberikan daftar putar atau playlist lagu paling sering diputar dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir.

Winter Recap paling tidak memiliki daftar 50-99 lagu paling banyak diputar oleh pengguna. Untuk memakai fitur ini, pengguna hanya perlu masuk ke menu profil. Kemudian pilih opsi Your Recap. Nantinya pengguna akan langsung diberikan playlist Recap beberapa bulan terakhir.

Di dalam fitur ini terdapat paling tidak 3 lagu sering diputar, 3 musisi paling banyak didengarkan, dan 5 album yang sering diputar. Tidak berhenti sampai disitu saja. Fitur Winter Recap ternyata bisa dibagikan ke platform lain termasuk Instagram.

4. Other performances.

5 Fitur baru YouTube Music, bisa share lagu di IG Stories

foto: techno.id/ Adnan

Developer YouTube Music memberikan fitur baru lainnya yaitu Other Performances. Fitur ini dapat menampilkan opsi video maupun audio lain ke pengguna dari lagu yang sedang didengarkan. Isi dari Other Performances antara lain konten cover lagu dari fans, live perform musisi hasil rekaman penonton, video lirik, remix musik, dan masih banyak lagi. Untuk mengakses fitur ini, pengguna bisa mengetuk opsi Related ketika mendengarkan musik di dalam aplikasi.

5. Replay mix.

Fitur Replay Mix berisikan daftar putar dengan 92 lagu-lagu yang paling sering diputar pengguna dalam beberapa minggu terakhir. Fitur Replay Mix dapat diupdate sewaktu-waktu menyesuaikan selera musik pengguna yang ditangkap oleh sistem YouTube Music. Terdapat opsi lain yaitu My Supermix yang dapat memberikan 100 daftar lagu dari berbagai genre paling sering diputar oleh pengguna dalam kurun waktu beberapa minggu terakhir.


(brl/guf)