Cara mudah gunakan Google Lens, bisa diakses melalui beranda

Cara mudah gunakan Google Lens, bisa diakses melalui beranda

Techno.id - Pernahkah kamu menggunakan Google Lens untuk menggali informasi, atau kamu tidak familiar dengan Google Lens? Google Lens merupakan platform untuk mencari informasi dengan memakai foto atau gambar yang dimasukan.

Penggunaa bisa melakukan pencarian melalui kueri gambar di Google. Tentu hal tersebut mempermudah pengguna dikala tak tahu menahu mengenai sesuatu, dan hanya bermodalkan foto.

Ketika foto dimasukkan di dalam Google Lens, sistem Ai akan bekerja untuk menggali informasi. Pengguna akan disajikan sumber utama foto beserta keterangan yang menyertainya. Selain itu, sistem juga akan menghadirkan informasi terkait dengan gambar yang telah dimasukan.

Selain untuk menggali informasi, Google Lens dapat menerjemahkan kalimat atau kata yang ada di dalam foto. Sistem Ai akan otomatis translate kata demi kata dalam foto. Artinya apabila pengguna sedang berada di luar negeri misalnya, tinggal memfoto sebuah petunjuk atau gambar yang ingin dimengerti, maka Google Lens bisa digunakan.

Google Lens sudah tersedia di smartphone Android maupun versi desktop. Untuk versi desktop, Google Lens sudah tersedia di dalam beranda Google.com maupun Google.co.id. Pengguna dapat langsung menggunakan fitur dengan mengklik ikon kamera di kolom pencarian beranda.

Google Lens versi Dekstop menghadirkan tiga kategori pencari. Pertama adalah Telusuri. Opsi tersebut dapat dipakai pengguna untuk mencari sumber gambar, serta menelusuri informasi terkait melalui artikel yang menyertainya. Layaknya pencarian Google biasa, namun bedanya hanya kueri yang dimasukkan dengan foto.

Cara mudah gunakan Google Lens, bisa diakses melalui beranda

foto: Techno.id/ Adnan

Selanjutnya terdapat pencarian Teks. Kategori pencarian ini dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi sebagian maupun seluruh teks dalam gambar. Pengguna bisa melakukan pembacaan kata maupun kalimat yang ada dalam foto.

Kategori terakhir adalah Terjemahan. Tentunya kamu sudah paham apa maksudnya bukan. Ya, opsi ini digunakan untuk menerjemahkan kata atau kalimat dalam foto maupun gambar yang dimasukan.

Meski demikian, kategori tersebut masih kurang lengkap daripada Google Lens di Android. Di perangkat smartphone tersebut Google Lens menyediakan tujuh kategori. Antara lain, Search, Text, Homework untuk mencari soal, Shopping mencari produk yang serupa, Place mencari tempat atau lokasi, dan Dining mencari tempat makan berdasarkan menu atau foto makanan.

Google sejak 2017 lalu telah meluncurkan platform bermana Google Lens. Lantas bagaimana cara menggunakannya? Yuk simak langkah-langkahnya yang telah dirangkum techno.id pada Rabu (9/11) dari berbagai sumber.

Cara menggunakan Google Lens via desktop.

Cara mudah gunakan Google Lens, bisa diakses melalui beranda

foto: Techno.id/ Adnan

1. Silakan buka mesin peramban di perangkat yang digunakan. Google Lens sudah tersedia di Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge.
2. Kemudian silakan masuk ke beranda Google.com atau Google.co.id
3. Klik ikon Google Lens berbentuk kamera di samping kanan kolom pencarian.
4. Silakan masukan foto atau gambar yang diinginkan. Pengguna bisa menggunakan cara drag and drop, ataupun upload file dari perangkat.
5. Pengguna bisa memakai link dari foto yang ingin dicari. Cukup Copy dan Paste link foto ke laman Google Lens.
6. Klik search, maka secara otomatis sistem akan menelusuri gambar yang telah dimasukan.

Itulah cara menggunakan Google Lens di versi desktop. Cukup mudah bukan. Sedangkan untuk pengguna di smartphone seperti Android, kamu bisa mengunduh aplikasi Google Lens melalui toko aplikasi. Selain itu, Google Lens juga tersedia di Assistant Google di perangkat. Selamat mencoba!

(brl/guf)