Ini cara gunakan Family Link, pantau anak saat main HP semakin mudah

Ini cara gunakan Family Link, pantau anak saat main HP semakin mudah

Techno.id - Berkat adanya teknologi smartphone, seseorang dengan mudah melakukan komunikasi. Terlebih adanya teknologi internet yang terpasang pada ponsel pintar, membuat pengguna mendapatkan informasi secara cepat. Selain itu, smartphone juga mendukung untuk kegiatan multimedia seperti mengambil foto dan video hingga mengeditnya menjadi karya seni digital yang kece.

Berbagai kemudahan dari smartphone dapat dipakai oleh siapa saja. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak dapat mengoperasikan smartphone. Hal tersebut berkat sistem UI dari perangkat yang sederhana dan mudah digunakan.

Akibat dari kemudahan penggunaannya, saat ini banyak orang termasuk anak-anak mengalami fase berlebihan ketika memakai smartphone. Maka dari itu, bagi orangtua yang kedapatan anaknya sering memainkan handphone untuk membatasi pergerakannya. Terlebih orangtua perlu mengawasi anak ketika memakai smartphone setiap harinya.

Saat ini ada ponsel pintar memiliki interface khusus untuk anak-anak. Namun tetap orangtua perlu melakukan pengawasan. Salah satu cara untuk memantau anak ketika bermain HP adalah dengan Family Link. Platform tersebut memungkinkan untuk para orangtua melihat pergerakan anak ketika menjelajahi dunia maya secara mudah.

Family merupakan platform yang dikembangkan oleh Google dengan tujuan membantu anak-anak menggunakan smartphone dengan aman dan terarah. Platform tersebut juga dapat melakukan kontroling pada anak agar tidak memakai gadget secara berlebihan. Bahkan aplikasi tersebut dapat membatasi berbagai konten yang tidak baik dikonsumsi oleh anak-anak.

Aplikasi Family Link sangat penting digunakan para orangtua untuk menyaring informasi yang dikonsumsi sang anak. Lalu bagaimana cara untuk menggunakan platform tersebut? Pada kesempatan ini Senin (26/9), techno.id akan memberikan cara mudah menggunakan Family Link yang dihimpun dari berbagai sumber.

Sebelum masuk ke tahap cara, terlebih dahulu Family Link harus terinstal di perangkat orangtua maupun anak. Platform tersebut dapat diinstal pada perangkat dengan Android versi 5.0 ke atas, atau iOS 13 ke atas. Kemudian untuk para orangtua, silakan masuk sebagai akun "Parents". Sedangkan untuk anak menggunakan opsi "Child atau teenager". Pendaftaran Family Link dapat dilakukan menggunakan akun Google Mail yang dimiliki.

Cara mengatur durasi aplikasi pada perangkat anak.

- Silakan buka aplikasi Family Link di smartphone orangtua.
- Pilih akun anak.
- Pada daftar aplikasi, tekan tombol "More".
- Klik aplikasi yang diinginkan dan tekan ikon berbentuk "jam pasir".
- Kemudian pilih opsi "Set limit" dan tentukan waktu pemakaian gadget anak.
- Sebagai contoh, pilih aplikasi YouTube dan atur durasi waktu ke 5 menit.
- Setelah pengaturan ini dipilih, aplikasi YouTube di gadget anak akan secara otomatis tertutup setelah digunakan selama 5 menit.
- Anak tidak lagi dapat membuka YouTube hingga esok hari atau sampai orangtua mengubah pengaturan timer pada aplikasi.

Cara membatasi waktu penggunaan perangkat anak.

- Silakan buka aplikasi Family Link di smartphone orangtua.
- Pilih akun anak.
- Pilih opsi Set Up pada menu Screen Timer.
- Silakan tentukan hari yang diinginkan.
- Tentukan batas waktu penggunaan perangkat.
- Setelah itu, klik opsi Save.
- Sebagai contoh, pilih hari Minggu, dan set Daily limit ket waktu 3 jam.
- Secara otomatis apabila gadget digunakan selama lebih dari 3 jam akan terkunci hingga hari selanjutnya.

Itulah beberapa cara menggunakan aplikasi Family Link. Cukup mudah bukan. Selamat mencoba!


(brl/guf)