Cara mudah atasi AirDrop tidak bisa menerima data di perangkat iPhone

Cara mudah atasi AirDrop tidak bisa menerima data di perangkat iPhone

Techno.id - Bagi pengguna perangkat buatan Apple, tentu sudah mengenal apa itu AirDrop. Ya, AirDrop merupakan fitur berbagi file khusus untuk device bentuk Apple. Platform tersebut memungkinkan pengguna dapat mengirim serta menerima data antar device Apple. Misalnya dari perangkat iPhone ke Macbook, iPhone ke iPad, iPad ke Macbook dan begitu juga sebaliknya.

Akan tetapi di balik kemudahan berbagi file dengan AirDrop, tentu pengguna produk Apple sering mengalami masalah. Biasanya AirDrop kedapatan mengalami error dengan tidak bisa menerima data. Tentu hal tersebut cukup mengganggu, terutama bagi pengguna yang sedang membutuhkan AirDrop untuk berbagi file.

Lantas apa yang menjadi penyebab dari AirDrop tidak bisa digunakan secara maksimal? Ada beberapa penyebab yang mempengaruhi kinerja dari AirDrop. Salah satu sebab masalah error di AirDrop adalah koneksi Wifi dan Bluetooth dinonaktifkan. Karena pada dasarnya AirDrop bekerja saat koneksi Wifi dan Bluetooth aktif.

Selain itu, penyebab AirDrop tidak dapat menerima data adalah adanya kesalahan pengaturan visibilitas. Ketika visibilitas AirDrop mati, maka device tidak dapat terdeteksi dengan perangkat lainnya. Alhasil pengguna perangkat tidak dapat menerima data yang dikirim melalui AirDrop.

Kemudian bagaimana cara mengatasi fitur AirDrop yang sedang bermasalah? Pada kesempatan ini Jumat (2/9) techno.id akan memberikan cara mudah atasi AirDrop tidak bisa menerima data di perangkat iPhone yang dihimpun dari berbagai sumber. Yuk simak sampai habis agar kamu mengerti.

Cara atasi AirDrop tidak dapat menerima data.

1. Aktifkan koneksi WiFi dan Bluetooth.

Cara mudah atasi AirDrop tidak bisa menerima data di perangkat iPhone

foto: pixabay.com

- Silakan untuk buka menu pengaturan atau pusat kontrol perangkat.
- Kemudian pastikan ikon WiFi dan Bluetooth berada dalam kondisi aktif atau menyala.
- Apabila kamu pengguna Macbook, ikon Bluetooth maupun WiFi terletak pada bar bagian atas home. Koneksi akan aktif apabila ikon WiFi dan Bluetooth telah menyala.

2. Dekatkan perangkat Apple saat berbagi data via AirDrop.

Cara mudah atasi AirDrop tidak bisa menerima data di perangkat iPhone

foto: pixabay.com

Pastikan saat proses pengiriman data device Apple yang dipakai tidak berjauhan. Idealnya koneksi dari WiFi maupun Bluetooth dapat beroperasi dalam jarak 10 meter tanpa adanya penghalang seperti dinding, pepohonan, atau benda lainnya.

3. Aktifkan visibilitas AirDrop.

Cara mudah atasi AirDrop tidak bisa menerima data di perangkat iPhone

foto: pixabay.com

- Untuk mengaktifkan visibilitas, silakan buka opsi AirDrop pada menu Umum pengaturan perangkat.
- Kemudian atur AirDrop agar bisa menerima data dari kontak yang tersimpan atau semua pengguna perangkat Apple.
- Apabila kamu pengguna Macbook, silakan buka aplikasi Finder. Kemudian pilih menu AirDrop.
- Pada opsi Allow me to discovered by, silakan atur AirDrop agar bisa menerima data dari kontak yang tersimpan saja atau semua pengguna perangkat Apple.

4. Restart perangkat.

Apabila langkah tersebut belum berhasil, silakan untuk melakukan restart perangkat. Melakukan restart dapat mengembalikan pengaturan perangkat ke default. Serta restart perangkat akan menghapus cache maupun memperbaiki bug secara otomatis.

Itulah beberapa cara mengatasi AirDrop tidak dapat menerima data. Cukup mudah bukan. Selamat mencoba!


(brl/guf)