Cara menginstal aplikasi cuaca Google di perangkat Android, penting dimasa peralihan musim

Cara menginstal aplikasi cuaca Google di perangkat Android, penting dimasa peralihan musim

Techno.id - Ada banyak aplikasi cuaca yang dapat kamu pilih di Android. Tetapi salah satu yang terbaik adalah aplikasi Cuaca Google. Anehnya, kamu tidak akan menemukannya di Play Store, tetapi ada solusi mudah untuk menginstalnya.

Cara mendapatkan aplikasi cuaca Google yang tersembunyi

Cara menginstal aplikasi cuaca Google di perangkat Android, penting dimasa peralihan musim foto: freepik/grinvalds

Jika kamu pernah menggunakan beberapa widget cuaca bebas iklan terbaik di Android, kamu mungkin pernah menemukan widget Cuaca Google. Widget ini memiliki antarmuka pengguna yang sederhana namun informatif yang juga mudah dinavigasi. Namun aplikasi ini bisa menghabiskan sedikit ruang di layar beranda perangkat kamu.

Untungnya, Google menawarkan aplikasi sebagai solusi alternatif. Kamu bisa mendapatkan pengalaman yang sama dengan widget Cuaca Google yang nyaman dipandang, dengan animasi penuh warna dan hidup yang muncul, semuanya tanpa menghabiskan ruang layar.

Namun, aplikasi Cuaca Google ini tersembunyi di aplikasi Google dan tidak tersedia sebagai penawaran mandiri di Play Store (per November 2023). Jadi, pastikan kamu sudah menginstalnya di ponsel terlebih dahulu. Sekarang, ikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan aplikasi Cuaca Google.

1. Buka aplikasi Google dan ketuk bilah Pencarian.

2. Ketik cuaca dan tekan tombol Cari (atau tombol Enter) pada keyboard.

3. Ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas kartu Cuaca dan pilih Tambahkan ke layar beranda.

4. Pilih Tambahkan ke layar beranda dari pop-up untuk menambahkan aplikasi Google Cuaca ke layar beranda.

Cara menghapus aplikasi Cuaca Google

Cara menginstal aplikasi cuaca Google di perangkat Android, penting dimasa peralihan musim foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu sudah mengetahui cara menghapus aplikasi di Android dan sudah terbiasa dengan metode yang biasa digunakan, kamu mungkin akan merasa sedikit bingung untuk menghapus aplikasi Cuaca Google. Padahal menghapusnya cukup mudah. Inilah yang perlu kamu lakukan.

1. Tekan lama ikon aplikasi Cuaca.

2. Seret ikon aplikasi Cuaca ke ikon Hapus.

3. Aplikasi Cuaca Google sekarang akan dihapus dari perangkat Android kamu.

Widget Cuaca Google, sekarang sebagai aplikasi

Meskipun akan lebih mudah jika aplikasi Cuaca Google masuk ke Play Store, kamu tetap bisa mendapatkannya dari aplikasi Google. Cobalah jika kamu mempertimbangkan untuk beralih dari aplikasi cuaca saat ini atau membuang widget cuaca Google yang sangat besar di layar beranda. Aplikasi ini mungkin akan menjadi aplikasi cuaca andalan kamu yang baru!

(brl/red)