Cara menghapus semua riwayat Google dari setiap perangkat untuk menjaga data pribadi kamu tetap aman

Cara menghapus semua riwayat Google dari setiap perangkat untuk menjaga data pribadi kamu tetap aman

Techno.id - Saat kamu membuka layanan Google, maka platform tersebut akan menyimpan banyak sekali data tentang aktivitas online kamu. Dari situs web yang dikunjungi hingga pencarian yang kamu lakukan. Intinya, Google melacak setiap aktivitas kamu.

Sekadar informasi, data tersebut dapat berguna untuk menyesuaikan iklan dan menyediakan layanan yang dipersonalisasi, tetapi juga dapat terasa invasif. Jika khawatir dengan privasi kamu, atau jika hanya ingin memulai sesuatu yang baru, kamu bisa menghapus riwayat Google.

Cara menghapus semua riwayat Google

Cara menghapus semua riwayat Google dari setiap perangkat untuk menjaga data pribadi kamu tetap aman foto: freepik/pixel-shot.com

Google menyimpan riwayat penelusuran saat kamu menggunakan mesin telusur dengan Aktivitas Web dan Aplikasi diaktifkan. Data ini disimpan ke Akun Google kamu dan digunakan untuk mempersonalisasi pengalaman kamu dengan memberikan rekomendasi dan layanan khusus lainnya.

Kamu dapat mengelola dan menghapus riwayat penelusuran dengan beberapa cara berbeda. Mengetahui cara menghapus semua riwayat Google sangat penting untuk keamanan data kamu.

Cara menghapus riwayat pencarian yang tersimpan di akun Google

Cara menghapus semua riwayat Google dari setiap perangkat untuk menjaga data pribadi kamu tetap aman foto: freepik/jannoon028

Kamu dapat menghapus riwayat pencarian dari hari tertentu, rentang tanggal khusus, atau sepanjang waktu. Berikut ini cara menghapus semua riwayat Google.

1. Buka aplikasi Google di ponsel atau tablet Android kamu.

2. Ketuk gambar profil atau inisial kamu di sudut kanan atas.

3. Pilih Riwayat pencarian

4. Pilih riwayat pencarian yang ingin kamu hapus.

5. Untuk menghapus semua riwayat pencarian, ketuk Hapus semua waktu.

6. Untuk menghapus riwayat pencarian dari hari tertentu, pilih hari tersebut lalu sentuh Hapus semua aktivitas dari (hari).

7. Untuk menghapus riwayat pencarian dari rentang tanggal khusus, sentuh Hapus rentang khusus lalu pilih tanggal yang diinginkan.

8. Untuk menghapus aktivitas pencarian tertentu, ketuk aktivitas, lalu ketuk Hapus item aktivitas.

Setelah kamu menghapus riwayat pencarian yang tersimpan di Akun Google, riwayat tersebut tidak dapat dipulihkan.

Cara mengatur riwayat Penelusuran Google

Cara menghapus semua riwayat Google dari setiap perangkat untuk menjaga data pribadi kamu tetap aman foto: freepik/rafapress

Kamu juga dapat mengontrol seberapa banyak riwayat penelusuran yang disimpan dan kapan riwayat tersebut dihapus secara otomatis. Begini cara melakukannya.

1. Buka aplikasi Google di ponsel atau tablet Android kamu.

2. Ketuk gambar profil atau inisial kamu di sudut kanan atas.

3. Pilih Riwayat penelusuran.

4. Ketuk Kontrol.

5. Pada kartu Aktivitas Web & Aplikasi, sentuh Hapus otomatis (Mati).

6. Jika kamu melihat Hapus otomatis (Aktif), Google secara otomatis menghapus Aktivitas Web & Aplikasi kamu, termasuk riwayat penelusuran, setelah periode waktu tertentu. Untuk mengubah periode waktu atau menonaktifkannya, ketuk Hapus otomatis (Aktif).

7. Ikuti petunjuk di layar.

(brl/red)