Cara menghentikan tombol samping iPhone agar tidak menutup panggilan telepon secara tidak sengaja

Cara menghentikan tombol samping iPhone agar tidak menutup panggilan telepon secara tidak sengaja

Techno.id - Tombol samping iPhone dirancang untuk mengunci perangkat secara default, sekaligus berfungsi ganda sebagai cara yang nyaman untuk menutup panggilan telepon. Tetapi karena posisinya yang sangat mudah diakses, biasanya pengguna menekannya secara tidak sengaja dan mengakhiri panggilan.

Jika masalah ini sering kamu alami, ada cara untuk mengakhirinya. Namun sebelum kamu melakukannya, terlebih dahulu harus menginstal iOS 16 atau versi yang lebih baru untuk mendapatkan fitur tersebut. Jadi kamu harus memperbarui iPhone terlebih dahulu.

Tombol Samping adalah salah satu dari banyak fitur Aksesibilitas yang berguna di iPhone, dengan tepat, kamu akan menemukan opsi untuk menyesuaikan fungsinya di pengaturan Aksesibilitas. Buka Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh dan gulir ke bawah ke ujung bawah menu.

Nama fitur dan tindakan yang harus kamu ambil akan bervariasi tergantung pada versi iOS yang kamu gunakan. Di versi iOS 16, ini adalah Kunci untuk Mengakhiri Panggilan dan kamu dapat mematikan sakelar untuk menghentikan Tombol Samping agar tidak mengakhiri panggilan.

Fitur ini di iOS 17 terbaca sebagai Cegah Penguncian untuk Mengakhiri Panggilan. Aktifkan sakelar untuk mencegah tombol samping mengakhiri panggilan.

Cara mengakhiri panggilan setelah menonaktifkan kunci untuk mengakhiri panggilan

Cara menghentikan tombol samping iPhone agar tidak menutup panggilan telepon secara tidak sengaja foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Mungkin perlu beberapa waktu untuk membiasakan diri dengan bagaimana iPhone kamu akan berfungsi setelah menghentikan tombol samping untuk mengakhiri panggilan.

Jadi jika kamu menekan tombol samping secara tidak sengaja saat mendapat notifikasi panggilan masuk, panggilan akan dibungkam, tidak diakhiri dan layar terkunci. Seperti biasa, kamu dapat mengetuk Tolak untuk menolak panggilan masuk, atau jika memerlukan opsi handsfree, aktifkan Siri dan minta Siri untuk menutup panggilan.

Tombol samping tidak akan mengakhiri panggilan yang sedang berlangsung, tetapi layar akan tetap terkunci. Jika kamu ingin mengakhiri panggilan saat ini, kamu harus mengetuk tombol merah Akhiri Panggilan di layar. Ini adalah tombol bulat dengan telepon menghadap ke bawah. Jika kamu telah meninggalkan ponsel atau sesi FaceTime selama panggilan berlangsung, ketuk ikon hijau di sekitar tampilan waktu di bagian atas layar untuk kembali ke layar tersebut, lalu akhiri panggilan.

(brl/red)