Cara membuat absen di Google Form, hemat waktu, mudah, praktis, dan paperless

Techno.id - Selama ini data-data terkait murid sekolah, mahasiswa, atau pekerja kerap dicatat menggunakan kertas. Artinya berbagai data tersebut direkam secara konvensional dengan mengisi formulir fisik berupa form data di atas kertas.
Namun di era digital seperti sekarang, cara tersebut sudah usang. Banyak aktivitas termasuk pencatatan data bisa dilakukan tanpa harus menggunakan kertas alias paperless. Kini pengguna bisa memanfaatkan Google Form.
- Cara membuat Google Form di laptop dengan cepat, mudah kumpulkan data Google Form mengadopsi sistem survey yang mengharuskan setiap responden mengisi kuesioner.
- 11 Langkah membuat kuesioner di Google Form, tugas lebih tertata Tautannya mudah dishare ke siapa pun yang akan berpartisipasi lewat media digital dalam waktu yang cepat.
- Kenapa tidak bisa upload dokumen di Google Form? Ini cara mengatasinya Google Form memungkinkan pengguna membuat pertanyaan dalam berbagai format
Beragam data mulai identitas atau hasil survei melalui kuisioner bisa diinput ke dalam Google Form dengan menggunakan perangkat yang ada seperti smartphone, laptop atau personal komputer. Lembaga yang membutuhkan data bisa membuat formulir kuisioner secara digital, termasuk untuk membuat daftar hadir.
Apalagi Google Form memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan terkait pencatatan data. Jadi lebih efisien, menghemat waktu, mudah dan praktis. Terpenting paperless.
Nah untuk membagikannya, pengguna nggak perlu repot mengambil data fisik, cukup mengirim link kepada orang yang dituju. Selain itu, fitur di Google Form dapat memudahkan membaca data absensi per individu.
Google Form juga dapat terhubung ke Google Drive yang dapat digunakan untuk penyimpanan data secara otomatis. Data pun bakal aman. Berikut cara membuat absensi dengan menggunakan Google Form yang berhasil dihimpun Techno.id, dari berbagai sumber, Kamis (16/2/2023).
Cara membuat absen di Google Form
1. Buka Google Form
2. Untuk memulai formulir baru, kamu tinggal pilih tanda “+” atau “blank”
3. Buat judul dan deskripsi pada formulir sesuai kebutuhan. Klik pada bagian “Untitled form” kemudian isi judul yang ingin diberikan. Setelah itu, klik pada bagian “form description” dan ketik deskripsi absensinya.
4. Saat ingin membuat kolom untuk “Nama Siswa” misalnya, kamu bisa mengetiknya di baris “Untitled Question”. Kamu bisa mengganti opsi jawaban menjadi bentuk jawaban singkat dan bisa mengaktifkan fitur wajib diisi oleh siswa. Bahkan, kamu juga dapat mengatur validasi dari jawaban. Untuk membuat kolom baru, bisa dilakukan dengan mengklik tombol “+” pada sisi kanan.
5. Pilih isi multiple choice grid yang ada di sisi kanan, isi nama kolom dan isi row dengan nama anggota. Isi pilihan dengan keterangan daftar hadir seperti “sakit, tidak hadir, hadir”. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan fitur “wajib diisi”
6. Jangan lupa isi kolom judul form pada pojok kiri atas dan kemudian jika sudah selesai maka klik tombol “Send” pada bagian atas pojok kanan untuk membuat link.
7. Setelah itu akan muncul pilihan. Jika kamu seorang guru, kamu ingin membagikan form ini bisa ke email siswa tertentu atau membagi link-nya. Nah jika form absen ini akan dibagikan ke semua murid, maka klik icon share link.
8. Kamu bisa membuat link menjadi lebih pendek dengan centang bagian “Shorten URL”. Setelah itu klik tombol “Copy” dan membagikannya. Secara otomatis, link akan tersalin. Kamu juga tidak perlu menyimpan form ini, karena akan tersimpan secara otomatis ke dalam Google Drive. Selesai, form absensi sudah berhasil dibuat.
Magang : Zadun Naja
RECOMMENDED ARTICLE
- Google Maps miliki fitur yang bantu pengguna untuk hemat bensin saat perjalanan, ini cara pakainya
- Google Translate update dengan teknologi AI, sediakan opsi terjemahan kontekstual
- Google Maps rilis fitur Immersive View, kombinasikan citra satelit dan Google Street View
- Cara mudah atasi ChatGPT yang tidak bisa dibuka, periksa waktu penggunaannya
- Google rilis chatbot AI pesaing ChatGPT bernama Bard, cek faktanya
HOW TO
-
Cara menjalankan aplikasi dan game Windows di Android menggunakan Winlator terbaru di 2025
-
Cara record Zoom di laptop dan MacBook yang simpel dan mudah, sekaligus trik merangkum meeting pakai A
-
5 Langkah preventif merawat baterai HP di tengah musim pancaroba 2025, ternyata ini yang bikin rusak
-
Cara mengetahui dan memeriksa jumlah siklus baterai iPhone terbaru 2025, ini 5 langkah merawatnya
-
Cara menghentikan baterai laptop agar tidak terisi daya di atas 80% di Windows 11, ini alasannya
TECHPEDIA
-
Ini sejarah dan kegunaan teks viral "Lorem Ipsum" di tugu IKN, sudah ada sejak abad ke 16
-
Penjelasan mengapa port USB punya banyak warna, format terbaru di 2025 punya kecepatan 80 Gbps
-
10 Cara download gambar di Pinterest kualitas HD, cepat dan mudah dicoba
-
Cara download game PS2 dan PS3 di laptop dan HP, bisa main berdua
-
10 Fitur canggih iPhone 16E, bakal jadi HP Apple termurah di bawah Rp 10 juta?
LATEST ARTICLE
HOW TO Selengkapnya >
-
Cara menjalankan aplikasi dan game Windows di Android menggunakan Winlator terbaru di 2025
-
Cara record Zoom di laptop dan MacBook yang simpel dan mudah, sekaligus trik merangkum meeting pakai A
-
5 Langkah preventif merawat baterai HP di tengah musim pancaroba 2025, ternyata ini yang bikin rusak
-
Cara mengetahui dan memeriksa jumlah siklus baterai iPhone terbaru 2025, ini 5 langkah merawatnya