Cara menggunakan satu nomor telepon di dua smartphone

Cara menggunakan satu nomor telepon di dua smartphone

Techno.id - Menggunakan dua nomor telepon di satu perangkat, itu sih sudah biasa. Sebab, saat ini hampir semua smartphone menawarkan fitur dual SIM sehingga pengguna bisa memuat dua nomor telepon di dalam satu perangkat.

Tapi bagaimana jika sebaliknya, kamu menggunakan satu nomor telepon untuk dua smartphone sekaligus? Mungkin banyak yang bertanya, bisakah menggunakan satu nomor di dua Ponsel?

Ya! Kamu dapat menggunakan satu nomor pada dua ponsel, dan ini dapat dilakukan secara legal. Namun, penting untuk dipahami bahwa hal ini tidak dapat dilakukan dengan menggunakan dua kartu SIM terpisah.

Setiap nomor telepon hanya dapat didedikasikan untuk satu SIM (kecuali SIM tersebut dikloning secara ilegal). Meskipun kamu tidak dapat menggunakan dua SIM yang identik di dua ponsel, ada beberapa solusi mudah dan terkadang gratis yang dapat kamu coba untuk menggunakan satu nomor di dua ponsel.

1. Google Voice

Cara menggunakan satu nomor telepon di dua smartphone foto: play.google.com

Google Voice adalah aplikasi telepon yang memungkinkan kamu menggunakan satu nomor di beberapa perangkat. Dikenal secara khusus sebagai layanan telepon Voice over Internet Protocol (VoIP), Google Voice memungkinkan kamu melakukan dan menerima panggilan, serta mengirim dan menerima pesan teks, semuanya menggunakan satu nomor kontak.

Google Voice adalah layanan yang dapat dipercaya, tetapi tidak gratis. Google Voice saat ini memiliki tiga tingkatan pembayaran, Pemula, Standar, dan Premier. Namun Google Voice hanya tersedia untuk penduduk Ameriks Serikat (AS). Buat kamu yang tinggal di luar AS, pertimbangkan beberapa opsi lain.

2. WhatsApp

Cara menggunakan satu nomor telepon di dua smartphone foto: freepik/wichayada

Kamu mungkin sudah menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan teks dan melakukan panggilan di satu perangkat. Tetapi kamu juga dapat menggunakan WhatsApp untuk melakukan panggilan di beberapa perangkat.

Apa yang hebat tentang WhatsApp adalah aplikasi ini menggunakan enkripsi ujung ke ujung (end-to-end) pada semua panggilan dan pesan. Tujuannya untuk menjaga percakapan kamu tetap pribadi hanya untuk kamu dan penerima. Aplikasi ini juga benar-benar gratis untuk digunakan, dengan antarmuka sederhana yang dapat dinavigasi siapa saja.

Kamu dapat menggunakan WhatsApp di dua ponsel dengan menuju ke bagian Perangkat Tertaut di pengaturan aplikasi, yang dapat kamu akses dengan mengetuk tiga titik vertikal di kanan atas layar. Di sini, kamu perlu mengetuk Tautkan perangkat, lalu pindai kode QR di aplikasi WhatsApp di ponsel kedua.

3. Phone Booth

Cara menggunakan satu nomor telepon di dua smartphone foto: phonebooth

Phone Booth adalah layanan online yang memungkinkan kamu menggunakan satu nomor di dua perangkat. Phone Booth memungkinkan pengguna melakukan panggilan lokal dan jarak jauh menggunakan nomor yang sama di satu atau beberapa telepon. Kamu tidak perlu mendaftar untuk kontrak Phone Booth permanen dan hanya dikenakan biaya USD20 (atau sekitar Rp315 ribuan) per bulan per pengguna.

Fitur yang sangat bagus yang ditawarkan Phone Booth adalah perutean panggilan. Dengan menggunakan ini, kamu dapat merutekan panggilan ke perangkat yang relevan, artinya kamu tidak akan melewatkan sesuatu yang penting jika tidak berada dalam jangkauan fisik ponsel utama. Seperti Google Voice, Phone Booth menggunakan VoIP.

4. Penerusan panggilan

Cara menggunakan satu nomor telepon di dua smartphone foto: freepik/rawpixel.com

Penerusan panggilan memungkinkan kamu meneruskan panggilan dari satu perangkat ke perangkat lainnya, semuanya menggunakan nomor yang sama. Misalnya, jika kamu berada di kantor, tetapi menerima panggilan di telepon rumah, penerusan panggilan memungkinkan kamu mentransfer panggilan tersebut ke lokasi kamu saat ini.

Untuk menggunakan teknologi ini, kamu dapat menggunakan layanan pihak ketiga atau fitur penerusan panggilan penyedia operator. Kamu juga dapat mengaktifkan penerusan panggilan melalui pengaturan ponsel.

5. Layanan multi-telepon operator

Cara menggunakan satu nomor telepon di dua smartphone foto: freepik/rawpixel.com

Kamu tidak perlu menggunakan layanan pihak ketiga untuk menggunakan satu nomor di dua ponsel. Bergantung pada penyedia layanan selular yang kamu gunakan. Kamu dapat mengakses layanan multi-telepon secara langsung, meskipun ini kemungkinan akan dikenakan biaya tambahan.

(brl/red)