Cara mematikan laptop menggunakan keyboard, mudah dan aman dilakukan

Cara mematikan laptop menggunakan keyboard, mudah dan aman dilakukan

Techno.id - Laptop merupakan salah satu barang elektronik yang memiliki banyak fungsi. Tidak hanya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan, laptop juga memiliki fungsi lain seperti menonton film, browsing di internet, dan lain sebagainya. Selain memiliki banyak fungsi, laptop juga cenderung mudah digunakan dan dibawa. Hal ini tentu tak lain karena desain laptop yang ramping.

Tak hanya itu, laptop juga dilengkapi dengan keyboard dan trackpad yang membuatnya mudah untuk dioperasikan. Bicara soal keyboard, benda satu ini merupakan salah satu komponen penting yang membuat laptop bisa bekerja dengan maksimal. Sebagai salah satu alat pengetikan, keyboard menjadi bagian yang kerap kali mendapat perhatian lebih saat membeli laptop.

Tak hanya berfungsi sebagai alat pengetikan, keyboard juga bisa digunakan untuk mematikan laptop dengan mudah. Terdapat beberapa shortcut yang bisa digunakan untuk mematikan laptop. Tidak hanya ringkas, mematikan laptop menggunakan keyboard tentu aman dan mudah dilakukan.

Berkenaan dengan bahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (27/10), cara mematikan laptop menggunakan keyboard.

Cara mematikan laptop menggunakan keyboard

Cara mematikan laptop menggunakan keyboard, mudah dan aman dilakukan

foto: unsplash.com

Untuk mematikan laptop menggunakan keyboard, setidaknya ada 4 cara yang bisa kamu lakukan. Semua cara pada dasarnya mudah untuk dilakukan. Kamu bisa memilih ingin menggunakan cara mana yang dianggap paling mudah untuk mematikan laptop menggunakan keyboard. Untuk mulai mematikan laptop menggunakan keyboard, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Mematikan laptop menggunakan Alt + F4

Bagi kamu yang ingin cepat mematikan laptop tanpa perlu klik sana-sini, kamu bisa menggunakan kombinasi Alt + F4 untuk melakukannya. Hanya dengan dua tombol ini, kamu tidak hanya bisa mematikan laptop, namun juga menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Untuk menggunakan Alt + F4, kamu bisa baca ulasan berikut.
1. Tekan kombinasi Alt + F4 secara bersamaan untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan.
2. Secara otomatis semua aplikasi akan tertutup dengan sempurna.
3. Teken sekali lagi Alt + F4 maka akan muncul pop up untuk mematikan laptop.
4. Kamu bisa memilih opsi mematikan laptop menggunakan tombol panah. Jika sudah tekan Enter.

2. Mematikan laptop menggunakan Windows + X

Hampir sama seperti cara sebelumnya, namun Windows + X hanya bisa digunakan untuk mematikan saja. Meski demikian, cara ini tetap saja praktis mengingat kamu tak perlu klik di banyak menu pada laptop. Agar bisa mematikan laptop menggunakan Windows + X, kamu bisa ikuti langkah berikut.

1. Pastikan semua aplikasi sudah ditutup dari laptop kamu.
2. Tekan kombinasi Windows + X secara bersamaan.
3. Akan muncul pop up kecil yang menyediakan opsi mematikan laptop.
4. Kamu bisa memilih opsi yang diinginkan kemudian tekan Enter.

3. Mematikan laptop menggunakan Ctrl + Alt +Del

Cara ketiga yang bisa kamu gunakan untuk mematikan laptop menggunakan keyboard adalah menekan Ctrl + Alt +Del secara bersamaan. Kombinasi ini cenderung mirip dengan cara sebelumnya. Untuk mulai menggunakan Ctrl + Alt +Del, kamu bisa tiru cara berikut.

1. Pastikan semua aplikasi yang ada di laptop sudah ditutup dengan sempurna.
2. Tekan Ctrl + Alt +Del secara bersamaan hingga muncul pop up pilihan mematikan laptop.
3. Kamu bisa ubah opsi mematikan yang ada pada laptop dengan menggunakan tombol panah.
4. Setelah memilih opsi mematikan laptop, tekan Enter.

4. Mematikan laptop menggunakan Run

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mematikan laptop menggunakan keyboard adalah memanfaatkan Run. Bagi kamu yang sering menggunakan shortcut, tentu sudah tidak asing dengan fitur satu ini. Selain bisa mengakses banyak aplikasi maupun folder, ternyata Run bisa digunakan untuk mematikan laptop. Agar bisa menggunakan Run untuk mematikan laptop, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Tutup semua aplikasi yang ada pada laptop.
2. Masuk ke kolom pencarian kemudian ketikkan Run.
3. Setelah muncul menu Run, kamu bisa ketikkan shutdown/s di kolom yang tersedia.
5. Tekan Enter maka secara otomatis laptop kamu akan mati dengan normal.


(brl/guf)