Cara gampang memeriksa kesehatan baterai smartphone Android

Cara gampang memeriksa kesehatan baterai smartphone Android

Techno.id - Daya tahan baterai adalah sesuatu yang dipikirkan kebanyakan orang, tetapi bagaimana dengan kesehatan baterai? Opsi ini penting untuk kegunaan jangka panjang ponsel Android.

Lantas apa yang dimaksud dengan kesehatan baterai? Istilah daya tahan baterai biasanya mengacu pada berapa lama baterai akan bertahan dalam sekali pengisian daya. Sementara kesehatan baterai memberi tahu pengguna seberapa besar penurunan kualitas baterai. Kesehatan baterai yang rendah berarti baterai akan berkinerja lebih buruk, lebih cepat habis, menjadi hangat, dan lain sebagainya.

Samsung adalah salah satu produsen Android yang menyertakan metode untuk memeriksa kesehatan baterai. Pengguna cukup menggunakan aplikasi Samsung Members untuk memeriksanya. Begini cara menggunakannya.

Cara gampang memeriksa kesehatan baterai smartphone Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Usap ke bawah dari bagian atas layar untuk membuka Pengaturan Cepat. Ketuk ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan.

2. Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih Perawatan Baterai dan Perangkat.

3. Di bawah bagian Perawatan Tambahan, pilih Diagnostik.

4. Selanjutnya pilih Diagnostik Telepon.

5. Cara ini akan membuka aplikasi Samsung Members dengan banyak ikon untuk berbagai hal yang dapat kamu periksa. Ketuk ikon Status Baterai untuk melanjutkan.

6. Kamu akan melihat beberapa informasi tentang baterai.

7. Angka Life adalah angka yang menunjukkan kesehatan baterai. Angka tersebut bisa berarti Baik, Normal, atau Lemah.

Metode lain untuk memeriksa kesehatan baterai

Cara gampang memeriksa kesehatan baterai smartphone Android foto: play.google.com

Jika kamu tidak memiliki perangkat Samsung Galaxy, ada satu metode yang dapat dicoba yang tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Metode ini menggunakan menu diagnostik tersembunyi Android yang dapat diakses dengan memasukkan kode di dialer telepon. Namun, kode-kode ini tidak berfungsi pada semua perangkat dan jaringan selular.

Buka aplikasi telepon dan masukkan *#*#4636#*#*. Ini akan membuka menu Pengujian yang mungkin termasuk bagian Informasi baterai. Kamu akan melihat kesehatan baterai yang tercantum.

Jika itu tidak berhasil, kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Untungnya, Play Store memiliki aplikasi yang sangat bagus untuk ini yang disebut DevCheck. Setelah menginstal aplikasi ini, buka aplikasi tersebut dan buka tab Baterai di bagian atas layar.

(brl/red)