Cara mengecilkan ukuran foto di laptop, komputer, dan smartphone, bisa dengan dan tanpa aplikasi

Cara mengecilkan ukuran foto di laptop, komputer, dan smartphone, bisa dengan dan tanpa aplikasi

Techno.id - Semakin tinggi resolusi foto yang dihasilkan, ukuran dari file tersebut tentu semakin besar. Pada dasarnya semakin tingginya ukuran foto bisa dibilang normal. Namun masalah tersebut tentu sudah bisa diatasi dengan banyak cara. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah kompres foto.

Kompres foto pada dasarnya bisa dilakukan dengan banyak cara. Baik pada laptop, komputer, hingga smartphone bisa dilakukan dengan mudah baik dengan dan tanpa aplikasi. Selain mudah dilakukan, mengkompres foto pada beberapa perangkat tersebut tentu membuat ukuran file tersebut menjadi lebih kecil.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (13/12), cara mengecilkan ukuran foto di laptop, komputer, dan smartphone.

Cara mengecilkan ukuran foto di laptop, komputer, dan smartphone

Cara mengecilkan ukuran foto di laptop, komputer, dan smartphone, bisa dengan dan tanpa aplikasi

foto: pexels.com

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, mengecilkan ukuran foto tentu bsia dengan dan tanpa aplikasi. Pada dasarnya setiap cara yang ada termasuk sama efektifnya. Kamu bisa memilih cara mana yang sekiranya sesuai dengan apa yang diinginkan. Untuk mulai mengetahui cara mengecilkan ukuran foto dengan dan tanpa aplikasi tambahan, kamu bisa mengikuti cara berikut.

1. Cara mengecilkan ukuran foto di laptop, komputer, dan smartphone tanpa aplikasi tambahan

Cara mengecilkan ukuran foto tanpa bantuan aplikasi tambahan, kamu bisa memanfaatkan website yang menyediakan jasa kompress foto. Dengan menggunakan beberapa website seperti Image Compressor, ILoveIMG, TinyPNG, JPEG Optimizer, dan masih banyak lagi, kamu bisa mengecilkan ukuran foto dengan mudah. Untuk mulai mengecilkan ukuran foto menggunakan beberapa website tersebut, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Buka ILoveIMG pada perangkat yang kamu gunakan.
2. Pilih menu Compress Image pada website tersebut.
3. Klik Select Image dan pilih foto yang akan kamu kecilkan ukurannya.
4. Jika foto yang akan kamu kecilkan berjumlah lebih dari satu, kamu bisa pilih beberapa file yang diinginkan.
5. Klik Compress Image dan tunggu hingga website tersebut selesai mengecilkan ukuran foto yang kamu miliki.

Perlu diingat, cara ini pada dasarnya tidak jauh berbeda saat kamu menggunakan website lain. Hanya saja urutan untuk mengecilkan ukuran foto pada website lain mungkin akan sedikit mengalami penyesuaian. Namun penyesuaian tersebut tidak membutuhkan banyak belajar hingga membuat kamu kesusahan saat mengecilkan ukuran foto yang dimiliki.s

2. Cara mengecilkan ukuran foto di laptop, komputer, dan smartphone dengan aplikasi tambahan

Selain menggunakan website, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk mengecilkan ukuran foto dengan mudah. Sesuai namanya, kamu perlu menginstal aplikasi tambahan yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto dengan mudah. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan foto adalah Photo and Picture Resizer. Untuk mulai menggunakan Photo and Picture Resizer, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Download aplikasi Photo and Picture Resizer pada perangkat yang kamu gunakan.
2. Buka aplikasi tersebut kemudian pilih foto mana yang akan dikecilkan ukurannya.
3. Kamu bisa memilih ukuran foto sesuai yang telah disediakan aplikasi Photo and Picture Resizer.
4. Jika tidak, kamu juga bisa menyesuaikan ukuran foto yang kamu inginkan dengan memilih menu Custom size.
5. Jika sudah, kamu b sia klik OK untuk menyimpan foto tersebut.


(brl/guf)