Cara mengatur fitur jangan ganggu di perangkat Android biar tidak mengganggu waktu istirahat

Cara mengatur fitur jangan ganggu di perangkat Android biar tidak mengganggu waktu istirahat

Techno.id - Sebagian besar dari kita mengandalkan smartphone dan tablet untuk membantu menjalani hari. Entah kita menggunakan Google Maps untuk membantu berpindah dari titik A ke titik B, atau aplikasi perpesanan seperti WhatsApp untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga sepanjang hari.

Semua aktivitas tersebut bisa berarti banyak bunyi dan bip sepanjang hari. Di siang hari, hal itu biasanya tidak menjadi masalah, tetapi di malam hari, saat kita siap untuk bersantai, menonton serial TV favorit tanpa gangguan, atau beristirahat, notifikasi tersebut bisa menjadi gangguan.

Yang lebih buruk lagi jika kita sedang nyenyak tidur, tiba-tiba smartphone berbunyi atau mengeluarkan suara getar. Di sinilah pentingnya fitur Mode Jangan Ganggu (Do Not Disturb/DND) Android yang dirancang untuk mencegah masalah seperti itu.

Fitur ini memungkinkan kamu membungkam smartphone atau tablet sehingga kamu dapat beristirahat atau bekerja dengan tenang tanpa diganggu pemberitahuan atau panggilan yang tidak perlu.

Berikut cara mengaturfitur jangan ganggu di Android

Cara mengatur fitur jangan ganggu di perangkat Android biar tidak mengganggu waktu istirahat foto: freepik/drobotdean

Meskipun kamu bisa mengaktifkan dan menonaktifkan mode Jangan Ganggu Android kapan pun kamu mau, jika kamu memiliki rutinitas harian yang harus diikuti, mengotomatiskan jam hening di perangkat Android adalah pilihan terbaik.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lupa mematikan ponsel, dan dapat menikmati ketenangan dan kedamaian saat dibutuhkan. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatur jam hening pada perangkat Android kamu.

1. Buka aplikasi Pengaturan pada perangkat Android.

2. Gulir ke bawah dan ketuk Suara & Getaran.

3. Pilih opsi Jangan Ganggu.

4. Ketuk Nyalakan secara otomatis untuk mengatur jadwal baru.

5. Pilih Tambah aturan, lalu pilih "Waktu" untuk aturan berbasis waktu.

6. Beri nama aturan kamu, misalnya, "Malam Hari" atau "Jam Kerja."

7. Tetapkan waktu mulai dan berakhir untuk jam tenang kamu.

8. Periksa bagian atas layar untuk mengonfirmasi bahwa aturan telah diaktifkan.

Perlu diingat bahwa langkah-langkah ini akan bervariasi berdasarkan jenis ponsel yang kamu gunakan, dan beberapa versi Android yang lebih lama mungkin tidak memiliki mode Jangan Ganggu, atau pilihannya mungkin berada di lokasi yang berbeda.

Menyesuaikan waktu hening

Cara mengatur fitur jangan ganggu di perangkat Android biar tidak mengganggu waktu istirahat foto: freepik

Meskipun menggunakan mode DND untuk membungkam perangkat Android di malam hari atau saat mengerjakan proyek penting, kamu mungkin ingin membuat beberapa pengecualian pada aturan untuk panggilan dan pemberitahuan penting.

Ketika kamu menetapkan pengecualian, Android akan tetap menghormati jam-jam tenang yang kamu atur, tetapi mengizinkan kontak tertentu atau panggilan berulang dari nomor yang sama untuk masuk, sehingga memastikan kamu tidak melewatkan komunikasi yang mendesak. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur pengecualian.

1. Buka aplikasi Pengaturan pada perangkat Android.

2. Ketuk Suara, lalu pilih Jangan Ganggu.

3. Sentuh Orang di bawah bagian "Apa yang dapat mengganggu Jangan Ganggu".

4. Tentukan untuk mengizinkan atau membatasi panggilan, pesan, dan percakapan dari orang tertentu.

5. Pilih aplikasi mana yang dapat mengirimi kamu notifikasi.

6. Mengonfigurasi pengaturan untuk memblokir atau mengizinkan alarm, pengingat, suara sentuh, atau acara kalender.

Android memberikan banyak kelonggaran kepada pengguna dalam hal menyesuaikan DND untuk memenuhi kebutuhan mereka. Selama jam-jam tenang, kamu dapat mengatur perangkat untuk menerima panggilan atau pesan dari siapa saja, semua kontak, hanya kontak yang berbintang, atau tidak seorang pun.

Ada juga opsi untuk membiarkan panggilan masuk jika orang yang sama menelepon dua kali dalam waktu 15 menit, yang dapat berguna jika seseorang mencoba menghubungi kamu dalam keadaan darurat.

Opsi-opsi kustomisasi ini memudahkan kamu untuk meminimalkan gangguan pada jam-jam tenang, sekaligus memastikan kontak-kontak penting dapat menghubungi kamu.

(brl/red)