Cara mengatasi masalah mouse yang ngelag dan tidak responsif

Cara mengatasi masalah mouse yang ngelag dan tidak responsif

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu yang pernah mengalami mouse komputer tidak berfungsi. Salah satu masalah paling umum yang dihadapi pengguna adalah kelambatan mouse (nge-lag).

Masalah ini dapat disebabkan banyak faktor. Tidak terbatas pada masalah koneksi, baterai habis, driver usang, port USB longgar, atau bahkan alas mouse yang kotor atau aus.

Masalahnya juga tidak terbatas pada fungsi klik yang tidak responsif yang dapat memengaruhi gerakan penunjuk dan pengguliran. Berikut cara mengatasi masalah mouse yang tidak berfungsi baik.

Teknik pemecahan masalah perangkat keras

Cara mengatasi masalah mouse yang ngelag dan tidak responsif foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Saat mengalami kelambatan mouse, kamu harus mencabut dan membersihkan mouse terlebih dahulu, termasuk konektornya. Tujuannya untuk menghilangkan partikel debu dan akumulasi kotoran pada perangkat.

Setelah selesai, colokkan kembali perangkat dan lihat apakah berfungsi dengan baik. Jika kamu menggunakan mouse Bluetooth, melepas pemasangan dan memperbaiki aksesori dapat mengatasi masalah tersebut. Begini cara melakukannya.

1. Buka menu pengaturan Bluetooth dengan mencarinya di bilah tugas.

2. Dari daftar perangkat yang dipasangkan, ketuk tombol tiga titik di sebelah perangkat yang ingin kamu hapus.

3. Sekarang pilih Hapus perangkat dari menu tarik-turun. Kamu mungkin memerlukan mouse lain jika menggunakan desktop.

4. Setelah ini, kembalikan mouse ke mode berpasangan dan perbaiki dengan komputer kamu. Periksa untuk melihat apakah kelambatan mouse hilang.

Jika pemecahan masalah koneksi tidak berhasil, mungkin ada masalah dengan perangkat itu sendiri. Misalnya, kabel yang sangat kusut dapat menyebabkan gangguan pada input. Jika kabel memiliki tanda-tanda kerusakan fisik, segera ganti mouse.

Sementara jika kamu menggunakan mouse model nirkabel harus memindahkannya lebih dekat ke PC atau mengganti baterai. Kamu dapat mencoba mencolokkan mouse ke port USB lain untuk melihat apakah port tersebut rusak dan bukan masalah mouse.

Pemecahan masalah perangkat lunak mouse yang lamban

Cara mengatasi masalah mouse yang ngelag dan tidak responsif foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika pemecahan masalah perangkat keras tidak berhasil untuk, mungkin ada masalah dengan perangkat lunak, seperti driver yang kedaluwarsa, yang dapat menyebabkan beberapa masalah, termasuk kelambatan mouse. Oleh karena itu, kamu harus mulai dengan memperbarui driver yang diperlukan.

1. Buka Pengelola Perangkat di PC.

2. Klik Mouse dan perangkat penunjuk lainnya.

3. Klik dua kali pada mouse dan pilih Driver dari opsi di bagian atas.

4. Klik Perbarui Driver.

5. Pada jendela berikut, pilih Cari driver secara otomatis. Sistem kamu harus menginstal driver baru, jika tersedia. Kamu mungkin harus me-restart PC juga.

6. Jika pembaruan driver menampilkan pesan bahwa driver terbaik untuk perangkat kamu sudah diinstal, pilih Cari driver yang diperbarui di pembaruan Windows.

7. Di jendela Pembaruan Windows, pilih Lihat semua pembaruan opsional.

8. Pilih Pembaruan Driver untuk mencari pembaruan khusus oleh produsen.

9. Setelah menemukan pembaruan driver yang relevan, centang kotak di sebelah kiri dan pilih Unduh & instal.

Biasanya, menginstal pembaruan driver sudah cukup untuk memperbaiki beberapa masalah terkait mouse. Pembaruan opsional hanya dapat terjadi untuk perangkat tertentu, jadi mouse kamu mungkin tidak terdaftar.

Namun, jika kamu sudah memiliki driver terbaru dan tidak menemukan pembaruan opsional apa pun, menginstal driver kartu grafis terbaru juga terbukti efektif untuk beberapa pengguna. Cukup buka alat manajemen kartu grafis, buka bagian driver, dan unduh pembaruan terbaru yang tersedia.

(brl/red)