Cara mengambil foto long exposure menggunakan ponsel Samsung Galaxy

Cara mengambil foto long exposure menggunakan ponsel Samsung Galaxy

Techno.id - Foto long exposure akan selalu terlihat mengesankan. Mungkin banyak orang bertanya kamera berteknologi tinggi seperti apa yang digunakan untuk melakukannya. Nah, saat ini kamu tidak perlu kamera profesional yang mahal untuk mengambil foto long exposure. Cukup gunakan ponsel Samsung Galaxy kamu.

Namun sebelum melakukannya, ada baiknya kita membahas lebih jauh mengenai apa itu foto long exposure dan bagaimana cara kerjanya. Ide dasarnya adalah menunjukkan gerakan dan perjalanan waktu dalam gambar statis. Hal ini dilakukan dengan memperlambat kecepatan rana.

Kecepatan rana adalah faktor yang menentukan seberapa banyak cahaya yang dapat mengenai sensor kamera. Semakin lama rana terbuka, semakin banyak cahaya yang bisa masuk. Contoh klasik fotografi long exposure adalah mobil yang melaju di malam hari.

Dalam membuat foto long exposure, kamu tidak hanya mendapatkan satu bidikan pemandangan, namun pergerakan mobil bisa terlihat melalui jejak cahaya. Jadi, untuk mengambil foto long exposure dengan ponsel Samsung Galaxy, kamu harus menyesuaikan kecepatan rana.

Kamu juga harus memiliki sesuatu untuk menahan ponsel agar tetap stabil, seperti tripod. Pencahayaan lama menangkap gerakan, jadi jika ponsel kamu bergerak, foto akan terlihat berantakan.

Cara menyesuaikan kecepatan rana pada Ponsel Samsung Galaxy

Cara mengambil foto long exposure menggunakan ponsel Samsung Galaxy foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka aplikasi kamera pada ponsel Samsung Galaxy kamu dan ketuk Lainnya di bilah alat bagian bawah. Lalu pilih mode Pro.

2. Pilih pengaturan Speed atau kecepatan rana yang diindikasikan sebagai pecahan. Misalnya 1/30 atau angka yang pasti. Angka-angka tersebut mengindikasikan berapa lama rana terbuka. Misalnya 1/30 adalah 1/30 detik, dan angka solid, misalnya 5, berarti lima detik.

3. Untuk menyesuaikan kecepatan rana, ketuk Speed dan gunakan jari kamu untuk menggeser dial. Kecepatan mana yang sebaiknya kamu gunakan. Perlu sedikit bereksperimen untuk menemukan titik yang tepat untuk situasi kamu, tetapi biasanya, apa pun yang lebih lama dari 1/30 akan lebih lambat daripada foto biasa.

4. Tekan tombol rana saat kamu siap untuk mengambil foto. Kamu akan melihat lingkaran progres yang mengindikasikan berapa lama rana terbuka.

Cara mengambil foto long exposure menggunakan ponsel Samsung Galaxy foto: unsplash/david becker

Untuk mengambil foto long exposure kemungkinan besar kamu akan mendapatkan beberapa foto yang jelek sebelum mendapatkan semua pengaturan yang tepat. Karena itu selalu mencoba hingga kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

(brl/red)