Cara menemukan kamera tersembunyi menggunakan ponsel tanpa aplikasi

Cara menemukan kamera tersembunyi menggunakan ponsel tanpa aplikasi

Techno.id - Kamu mungkin pernah mendengar kisah seseorang yang diawasi di sebuah hotel melalui kamera tersembunyi. Bahkan tidak jarang di media sosial yang memuat konten agar kamu berhati-hati saat menginap di hotel.

Karena tidak jarang ada hotel nakal yang meletakkan kamera tersembunyi di beberapa kamar tamu. Entah untuk alasan apa pihak hotel menempatkan kamera tersembunyi tersebut.

Tentu saja hal ini membuat khawatir para tamu karena privasi mereka bisa saja terekam dan tidak mungkin videonya akan menyebar ke publik. Tapi tentu saja jangan digeneralisir bahwa semua hotel akan menerapkan kebijakan tersebut. Sebagian besar hotel justru menjaga privasi para tamunya dengan sangat baik.

Dalam artikel ini Techno.id tidak ingin mengungkapkan kontroversi mengenai kamera tersembunyi yang dipasang di kamar hotel atau penginapan. Namun tidak ada salahnya memberikan informasi bagaimana cara menemukan kamera tersembunyi menggunakan ponsel untuk mengantisipasi agar privasi kamu tidak disalahgunakan pihak yang tidak bertanggungjawab yang membuat kamu tidak nyaman karena merasa khawatir gerak-gerik kamu diawasi.

Cara menemukan kamera tersembunyi dengan smartphone

Cara menemukan kamera tersembunyi menggunakan ponsel tanpa aplikasi foto: blackview

Kamu dapat mendeteksi kamera tersembunyi menggunakan smartphone. Biasanya metode ini dilakukan secara online dengan mengunduh aplikasi detektor kamera tersembunyi, termasuk untuk versi Android dan iPhone. Tetapi biasanya beberapa aplikasi sifatnya berbayar. Namun jika kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga ada risiko ponsel diretas, atau menerima iklan wajib dan membosankan dari aplikasi.

Faktanya, ada cara lain yang lebih baik untuk mendeteksi kamera tersembunyi, yaitu dengan ponsel kamera night vision. Smartphone jenis ini memiliki kamera night-sight IR built-in seperti Blackview BL8800, BV8800, dan OSCAL S60 Pro. Sayangnya deretan ponsel ini tidak masuk pasar Indonesia.

Nah dengan ponsel cerdas jenis ini, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi pencari kamera tersembunyi apa pun. Cukup buka kamera dan alihkan ke mode 'night vision' untuk memulai. Ini adalah detektor kamera tersembunyi teraman dan terbaik. Berikut langkah-langkah untuk membuka kamera night vision, dan cara menggunakannya.

1. Buka ponsel kamu.

2. Buka kamera (beralih ke mode pengambilan menghadap ke belakang).

3. Ketuk ikon mata di layar (kiri bawah), lalu garis miring pada ikon mata akan hilang, dan kamera akan berubah menjadi mode hitam putih.

4. Pindai target di mana saja, jika ada kamera tersembunyi, kamu akan melihat titik terang di layar.

Yang perlu dicatat, smartphone jenis ini hanya tersedia untuk mendeteksi kamera mata-mata yang mengandalkan inframerah agar berfungsi.

(brl/red)