Cara membuat file Google Docs tersedia secara offline untuk Windows

Cara membuat file Google Docs tersedia secara offline untuk Windows

Techno.id - Google Documents sangat disukai banyak orang karena satu alasan, file terus-menerus dicadangkan dan disinkronkan di beberapa perangkat. Namun, ada kalanya kamu terkendala masalah layanan internet yang membuat kamu terpaksa offline.

Lantas bagaimana menyediakan dokumen Google Documents secara offline di perangkat Windows? Aplikasi selular Google Documents menghadirkan fitur yang memungkinkan kamu membuat file tersedia secara offline.

Jadi jika kamu kehilangan koneksi ke internet, kamu masih dapat mengakses dokumen dan mengeditnya seperti sebelumnya. Satu-satunya kelemahan adalah hilangnya fungsionalitas sinkronisasi. Namun, masalah tersebut akan teratasi ketika kamu Kembali online.

Cuma masalahnya opsi tersebut tidak ada di Windows. Kamu dapat mengunduh file ke komputer. Tetapi tidak dapat menyinkronkan perubahan yang dibuat saat koneksi aktif kembali. Intinya, file yang kamu unduh dan file asli yang disimpan di Google Drive adalah dua file berbeda.

Ekstensi Chrome offline Google Dokumen

Cara membuat file Google Docs tersedia secara offline untuk Windows foto: chromewebstore.google

Untuk mengatasi masalah ini, ada opsi tambahan untuk pengguna Google Documents. Ekstensi Google Chrome resmi untuk Windows akan memungkinkan kamu menyimpan versi offline file Google Documents yang akan disinkronkan saat kamu terhubung ke internet lagi. Opsi ini hanya memastikan kamu dapat mengakses file Google Documents secara offline dan kemudian melihat perubahan saat disinkronkan ke cloud.

Selain itu Ekstensi Google Documents offline tidak memungkinkan kamu menandai file untuk akses offline. Sebagai gantinya, semua file terbaru yang dibuka saat ekstensi diaktifkan akan tersedia, yang menghabiskan ruang penyimpanan fisik. Berikut cara memulai Ekstensi Google Documents.

1. Buka ekstensi Offline Google Documents di toko web Chrome.

2. Tekan Tambahkan ke Chrome.

3. Buka Google Drive.

4. Tekan roda gigi pengaturan di bagian atas halaman.

5. Gulir dan temukan bagian Offline dan centang kotaknya.

6. Mulai sekarang, kamu dapat mengakses dokumen saat offline. Saat kamu terhubung lagi, mereka akan disinkronkan dan kamu dapat terus menggunakannya sesuai kebutuhan.

(brl/red)