Cara membuat dan menggunakan filter Avatar TikTok, ternyata simpel

image

Techno.id - Beragam media sosial saat ini dipakai untuk seseorang terhubung dengan pengguna lain secara mudah. Platform media sosial juga dipakai untuk berkarya, bahkan sebagai media periklanan pelaku bisnis modern. Kemudahan dan keseruan menggunakan media sosial membuat orang berbondong-bondong untuk memiliki akun dan turut serta terjun ke dunia maya.

Salah satu platform media sosial yang masih eksis sampai saat ini adalah TikTok. Aplikasi tersebut dapat dibilang mempunyai fitur dengan paket lengkap. Pengguna dapat melakukan pengeditan sekaligus mengunggah video pendek dalam satu aplikasi. Bahkan TikTok juga menyediakan aneka fitur menarik seperti Live, Toko Online, dan masih banyak lagi.

TikTok baru saja mengeluarkan fitur baru yaitu filter Avatar. Dengan filter tersebut pengguna dapat membuat sebuah avatar atau karakter kartun sesuai selera. Bahkan karakter tersebut dapat berbicara sesuai perintah pengguna loh.

Filter baru tersebut saat ini tengah dipakai banyak pengguna TikTok untuk membuat konten. Lalu bagaimana dengan cara menerapkan filter avatar tersebut? Pada kesempatan ini Jumat (17/6) techno.id akan memberikan cara membuat dan menggunakan filter Avatar TikTok dengan mudah dan cepat.

Sebelum menggunakan filter avatar TikTok, terlebih dahulu pengguna menambahkan filter tersebut ke mode pengeditan. Berikut cara menambahkan filter TikTok:

avatar TikTok  berbagai sumber

foto: techno.id/Adnan

1. Buka aplikasi TikTok dan lakukan login ke akun yang dimiliki.
2. Pilih ikon tambah "+" yang ada pada bagian tengah bawah layar TikTok.
3. Setelah itu pilih opsi "Effects" pada sisi samping tombol perekam video.
4. Pilih logo kaca pembesar untuk mencari filter Avatar TikTok.
5. Apabila filter telah ditemukan, silahkan klik ikon filter untuk mulai digunakan.

Filter Avatar TikTok mempunyai 20 karakter animasi yang dapat digunakan secara langsung. Selain itu pengguna juga dapat membuat sendiri karakter sesuai dengan selera. Berikut cara membuat Avatar TikTok:

avatar TikTok  berbagai sumber

foto: techno.id/Adnan

1. Setelah pengguna menambahkan filter TikTok pada menu pengeditan, silakan untuk klik bilah menu tambahan yang membuat beberapa karakter animasi.
2. Kemudian silakan klik ikon tambah pada bilah menu tersebut, dan pengguna akan dibawa ke halaman baru pembuat Avatar TikTok.
3. Pada lama tersebut pengguna dapat membuat Avatar TikTok sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
4. Silakan modifikasi desain bentuk wajah, mata, telinga, mulut, dan lainnya.
5. Pada laman penyuntingan tersebut pengguna dapat menambahkan aksesori penutup kepala dan kacamata.
6. Setelah selesai membuat karakter di laman tersebut, silakan klik "Done". Maka pengguna akan mendapatkan avatar buatannya sendiri.

Setelah pengguna melakukan pembuatan Avatar sesuai dengan kehendak, maka filter tersebut siap untuk digunakan. Berikut cara untuk menggunakan filter Avatar TikTok:

avatar TikTok  berbagai sumber

foto: techno.id/Adnan

1. Karakter yang telah dibuat pada laman penyuntingan akan masuk pada bilah menu Filter Avatar TikTok.
2. Klik karakter tersebut untuk dapat menggunakannya.
3.Setelah filter aktif, silakan untuk arahkan wajah pada kamera perangkat.
4. Avatar TikTok akan mengikuti seluruh gerak wajah pengguna dan mengikuti gerakan bibir saat mengucapkan kata.

Itulah cara membuat dan menggunakan filter Avatar TikTok. Silakan coba dan ikuti keseruan membuat konten TikTok dengan filter tersebut.


(brl/guf)