Cara membersihkan layar komputer dengan mudah, cukup gunakan kain serat mikro dan air

Cara membersihkan layar komputer dengan mudah, cukup gunakan kain serat mikro dan air

Techno.id - Semewah atau segahar apapun performa laptop atau PC kamu, tapi jika memiliki layar yang kotor maka akan membuat kamu tidak nyaman menggunakannya. Karena itu kamu harus membersihkannya secara berkala.

Namun, jika kamu ingin membersihkan monitor, harus berhati-hati ya. Tidak bisa asal membersihkan saja. Maklum, saat ini komputer atau laptop menggunakan jenis layar yang berbeda.

Kamu harus mengetahui jenis permukaan monitor laptop atau komputer kamu. Misalnya MacBook yang memiliki monitor jenis kaca. Setiap jenis monitor memiliki penanganan yang berbeda. Karena itu kamu harus tahu cara membersihkan monitor dengan benar.

Saat ini juga banyak di pasaran yang menjual cairan pembersih monitor. Yang perlu diingat, terkadang cairan tersebut mengandung bahan kimia tertentu. Ada juga yang berbentuk tisu basah.

Namun sebaiknya jangan menggunakan cairan pembersih monitor model semprot atau menggunakan tisu yang mengandung larutan tertentu. Kamu cukup menggunakan cara pembersihan yang paling sederhana dan aman yakni menggunakan air dengan kain lap serat mikro. Jika perlu beri sedikit minyak kayu putih. Begini caranya.

Cara membersihkan layar komputer dengan mudah, cukup gunakan kain serat mikro dan air foto: techno.id/yani andriyansyah

1. Pastikan monitor laptop atau komputer kamu dalam keadaan mati

2. Biarkan perangkat benar-benar dingin

3. Seka layar dengan kain serat mikro kering atau kain tanpa serat

4. Untuk noda yang tersisa, gunakan kain yang samadengan sedikit dibasahi menggunakan air. jangan terlalu basahdan ingat saat menyeka permukaan monitor jangan terlalu ditekan ya.

5. Setelah bersih, bersihkan goresan atau bekas pembersihan dengan serat mikro kering atau kain tanpa serat. Kamu juga bisa menggunakan sedikit minyak kayu putih untuk menghilangkan noda yang mengandung minyak di monitor. Biasanya kandungan minyak ini bisa berasal dari keringat.

6. Biarkan layar mengering dengan sendirinya

Langkah-langkah ini seharusnya dapat menmbuat monitor kamu bersih. Sekali lagi jangan menggunakan cairan yang mengandung bahan kimia.

(brl/red)