Cara melacak iPhone, iPad, dan MacBook yang hilang atau dicuri, cukup manfaatkan fitur bawaan

Cara melacak iPhone, iPad, dan MacBook yang hilang atau dicuri, cukup manfaatkan fitur bawaan

Techno.id - Apple selaku perusahaan barang elektronik yang merancang berbagai produk unggulan. Melalui jajaran produk unggulan mereka seperti iPhone, iPad, MacBook, dan berbagai piranti elektronik lainnya, nama Apple kian mencuat hingga sukses mendulang banyak keuntungan.

Tak hanya fokus dalam memproduksi barang elektronik, sederet produk Apple juga dibekali fitur mumpuni yang sangat berguna. Ambil satu contoh, fitur wajib di hampir setiap produk Apple adalah pelacak lokasi perangkat.

Saat perangkat iPhone, iPad, dan MacBook pengguna hilang atau dicuri, pemilik barang tersebut tidak perlu khawatir dan panik untuk mencarinya. Hadirnya fitur satu ini tentu sangat penting bagi setiap pengguna yang sedang mengalami musibah.

Tak perlu berlama-lama, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (13/1), cara melacak iPhone, iPad, dan MacBook yang hilang atau dicuri.

Cara melacak iPhone, iPad, dan MacBook yang hilang atau dicuri

Cara melacak iPhone, iPad, dan MacBook yang hilang atau dicuri, cukup manfaatkan fitur bawaan

foto: apple.com

Cara melacak iPhone, iPad, dan MacBook yang hilang bisa dilakukan dengan cukup mudah. kamu bisa mengandalkan fitur bawaan yang disediakan Apple pada setiap produk mereka. Kamu bisa menggunakan Find My iPhone / iPad / Mac untuk mencari iPhone, iPad, dan MacBook yang dimiliki.

Namun wajib untuk diingat, kamu perlu mengaktifkan fitur satu ini terlebih dahulu agar bisa digunakan dengan lancar. Saat fitur satu ini sudah diaktifkan, kamu bisa melacak keberadaan iPhone, iPad, dan MacBook yang hilang atau dicuri. Untuk mulai menggunakan fitur Find My iPhone/iPad/Mac, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Sebelum kamu kehilangan perangkat iPhone, iPad, dan MacBook, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah mengaktifkan fitur Find My iPhone / iPad / Mac. Fitur satu ini perlu diaktifkan agar proses pencarian perangkat yang hilang bisa lebih mudah. Kejadian buruk seperti ini memang tidak diinginkan oleh semua orang, namun untuk sekedar mengantisipasi cara tersebut perlu dilakukan.
2. Setelah kamu memastikan fitur Find My iPhone / iPad / Mac sudah diaktifkan, gunakan perangkat lain untuk mendeteksi keberadaan iPhone, iPad, dan MacBook.
3. Download aplikasi Find My iPhone melalui App Store pada perangkat lain yang akan digunakan untuk melacak keberadaan iPhone, iPad, dan MacBook yang hilang.
4. Login pada aplikasi tersebut Via iCloud dengan menggunakan Apple ID yang kamu miliki.
5. Setelah proses login berhasil, kamu bisa membuka aplikasi tersebut untuk melacak keberadaan perangkat yang hilang.
6. Pilih iPhone, iPad, dan MacBook yang ingin dilacak menggunakan perangkat yang telah diinstal Find My iPhone.
7. Jika proses pelacakan berhasil, kamu akan menemukan lokasi dimana iPhone, iPad, dan MacBook yang kamu miliki hilang.

Cara melacak iPhone, iPad, dan MacBook yang hilang atau dicuri, cukup manfaatkan fitur bawaan

foto: apple.com

Perlu diingat cara seperti yang dijelaskan di atas memang tidak selalu berhasil. Jika tidak berhasil, mungkin kamu perlu mencoba menghubungi pihak berwajib dan melapor perihal kehilangan barang.atau jika masih tercover garansi, kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan klaim kehilangan.

(brl/guf)