Begini cara mudah mengunduh semua foto yang pernah diunggah di Facebook

Begini cara mudah mengunduh semua foto yang pernah diunggah di Facebook

Techno.id - Sebagai media sosial, Facebook masih cukup popular di sejumlah kalangan. Terbukti, tidak sedikit pengguna yang masih mengunggah beragam foto aktivitas mereka. Namun ada kalanya, pengguna ingin mengunduh semua foto yang pernah mereka unggah di Facebook dengan bermacam alasan.

Ada yang menginginkan mereka memiliki album mengenai foto-foto tersebut untuk disimpan di perangkat mereka, baik smartphone maupun komputer (laptop). Ada juga yang ingin membuat salinan dari foto yang pernah di-posting karena foto aslinya sudah terhapus.

Apapun alasan pengguna, tentu saja agak repot jika harus mengunduh satu persatu foto yang ingin diunduh. Beruntung Facebook memiliki fitur yang mempermudah pengunduhan semua foto, jadi kamu tidak perlu menyimpannya satu per satu. Berikut ini langkah-langkah untuk menyimpan setiap foto dari Facebook.

1. Unduh foto Facebook dari komputer

Begini cara mudah mengunduh semua foto yang pernah diunggah di Facebook foto: freepik/sitthiphong

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dari situs web Facebook di komputer.

1. Pilih gambar profil kamu di kanan atas, lalu pilih Pengaturan & Privasi, lalu Pengaturan.

2. Pilih Privasi dari panel kiri, diikuti Informasi Facebook kamu (untuk profil), atau Informasi Halaman Facebook (untuk halaman).

3. Pilih Unduh informasi profil.

4. Pilih format (HTML atau JSON), kualitas (tinggi, sedang, atau rendah), dan rentang tanggal dari menu. Misalnya, HTML, Tinggi, dan Sepanjang waktu.

5. Kecuali jika kamu ingin mengunduh semua yang mungkin dapat disimpan dari akun kamu, pilih Batalkan Pilihan Semua di bawah Pilih informasi untuk diunduh.

6. Pilih Posting dari daftar. Pilih Grup untuk mengunduh informasi kiriman dari grup tempat kamu berada.

7. Gulir ke bagian paling bawah halaman dan pilih Minta unduhan. Setelah beberapa detik, tombol akan berwarna abu-abu saat Facebook menyiapkan unduhan.

8. Kamu akan menerima email dan pemberitahuan di Facebook saat unduhan sudah siap. Klik tautan di emaillangsung menuju ke tab File yang tersedia di halaman Unduh Informasi. Kamu juga bisa sampai di sana dengan mengklik notifikasi di Facebook.

9. Pilih Unduh.

10. Masukkan kata sandi kamu pada prompt, lalu pilih Konfirmasi, lalu pilih lagi pada prompt terakhir.

11. Pilih tempat untuk menyimpan file. Kamu juga dapat menentukan nama, atau menerima defaultnya, yaitu facebook (nama pengguna kamu).zip.

12. Untuk mengakses foto Facebook yang kamu unduh, unzip file tersebut (ada banyak utilitas unzip file yang dapat kamu gunakan), lalu masuk ke folderpostsmedia.

Unduh foto Facebook dari aplikasi

Begini cara mudah mengunduh semua foto yang pernah diunggah di Facebook foto: freepik/jannoon028

Langkah-langkah untuk menyimpan semua foto Facebook secara massal dari aplikasi mirip dengan pengaturan desktop.

1. Ketuk gambar profil untuk membuka menu, lalu gulir ke bawah dan buka Pengaturan & Privasi > Pengaturan.

2. Pilih Aktivitas di luar Facebook di halaman berikutnya, dari bagian Keamanan, lalu Opsi Lainnya > Unduh Informasi kamu.

3. Di tab Minta salinan, ketuk Batalkan pilihan semua, lalu ketuk Postingan jadi itu satu-satunya yang dicentang. Kamu dapat membiarkan semuanya dicentang jika ingin menyimpan semuanya.

4. Gulir ke bagian paling bawah halaman, dan tentukan rentang tanggal, format, dan kualitas media yang harus diterapkan pada gambar. Misalnya, kamu dapat memilih Semua data saya, HTML, dan Tinggi.

5. Ketuk Buat File. Kamu akan segera dibawa ke tab Salinan Yang Tersedia di layar Unduh Informasi kamu.

6. Tunggu hingga status Tertunda hilang, lalu pilih Unduh. Cara lain untuk melihat tombol unduh jika kamu tidak ingin menunggu, adalah dengan memperhatikan email atau pemberitahuan Facebook yang mengatakan sudah siap, lalu ikuti tautan yang diberikan.

7. Facebook akan terbuka di browser kamu. Masuk jika diminta, lalu terima unduhannya. Ini akan disimpan ke ponsel kamu sebagai file ZIP.

(brl/red)